Membawa Semangat Baru, Dirjen KSDAE Mengunjungi BKSDA Kalimantan Barat

Rabu, 18 Oktober 2017

Pontianak, Rabu 18/10/2017, dalam rangkaian kunjungan kerja menghadiri Konggres IPKI ke 3 dan Workshop Polhut dan PPNS se-Indonesia, Dirjen KSDAE (Pak Wiratno) menyempatkan diri melakukan pembinaan pegawai di Balai KSDA Kalbar. Kehadiran beliau disambut hangat oleh seluruh karyawan Balai. Disalaminya satu persatu karyawan sebagai tanda begitu semangatnya pak Dirjen bertemu anak buahnya yang berada di tingkat tapak. Arahan dan pembinaan beliau sesekali dicampur dengan lelucon-lelucon khas Pak Wiratno.

Hari ini kami belajar banyak dari Pak Wiratno, beliau mengingatkan kepada seluruh staf agar selalu bekerja dengan sepenuh hati, melakukan pekerjaan dengan ikhlas, semangat dan senang sehingga ketika itu semua dilakukan maka akan menghasilkan sesuatu yang baik. Pak wiratno juga memberikan nasehat penyemangat, beliau mengatakan bahwa untuk mendapatkan hasil yang baik harus melalui banyak proses dari proses ide sampai proses mengkristalkan gagasan kemudian membuat model, walaupun model tersebut masih skala kecil.

Dalam kesempatan kunjungannya, Bapak Dirjen KSDAE juga menyampaikan cara baru mengelola kawasan konservasi, melalui pelibatan masyarakat yang berada di sekitar kawasan, dengan mempertimbangkan prinsip-prinsip penghormatan terhadap hak asasi manusia seperti halnya yang menyangkut masyarakat adat dilakukan melalui pendekatan non litigasi dan mengutamakan dialog, membangun kerjasama lintas sektoral, melakukan pendekatan berbasis landsekap dan mengelola kawasan konservasi berbasis science dan penerapan teknologi. Melalui cara baru tersebut diharapkan kita mampu membangun apa yang disebut "Learning Organization". Salah satu indikator organisasi yang sehat dan mampu merespon perubahan adalah kemampuan dan kemauan organisasi tsb. Perlu digaris bawahi bahwa organisasi yang maju adalah organisasi yang mampu mengantisipasi terjadinya potensi kerusakan dan mampu membangun jejaring kerja multipihak berbasis science dan teknologi untuk kepentingan kemaslahatan umat manusia utamanya bagi kesejahteraan masyarakat.

"Pak Wir...semangat baru yang bapak bawa membuat kami tidak bisa tidur malam ini"

Sumber: BKSDA Kalimantan Barat

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini