Buaya Muara Sambangi Areal Persawahan di Kebumen

Selasa, 17 Oktober 2017

Semarang - Selasa,  17 Oktober 2017 sekitar Pukul  08.30 WIB RKW (Resort Konservasi Wilayah) Cilacap menerima laporan dari masyarakat bahwa ada kemunculan buaya di area persawahan yang memasuki wilayah Dusun Pagak,  Desa Kedungwinangun, Kecamatan Klirong-Kabupaten Kebumen. Menurut informasi dari masyarakat melalui Bapak Solihin, Kepala Dusun Pagak dan Firman (warga dusun pagak),  buaya memasuki areal persawahan akibat meluapnya Sungai Luk Ulo yg terjadi karena intensitas curah hujan yang tinggi dari hari Senin, 16 Oktober  2017 pagi sampai dengan Selasa Pagi tadi.  
 
Warga mengetahui kemunculan buaya kira-kira jam 05.30 wib hari ini. Mereka berusaha utk menangkap hidup-hidup satwa tersebut, namun terkendala dengan pengetahuan cara penanganan satwa dan peralatan yang terbatas. Sekitar satu jam setelah laporan diterima dari masyarakat diketahui satwa tersebut berhasil meloloskan diri ke parit yang berjarak kurang lebih 30 meter dari lokasi sawah.  Adapun parit tersebut tersambung ke aliran Sungai Luk Ulo.
 
BKSDA Jawa Tengah, Polres Kebumen,  Polsek Klirong,  BPH Wil. VII kebumen dan SAR Kebumen telah melakukan pengecekan ke lokasi. Upaya yang telah dilakukan oleh Balai KSDA Jawa Tengah adalah memberikan informasi kepada masyarakat terkait status buaya Muara yang sudah dilindungi Undang-undang, memberikan sosialisasi penanganan konflik manusia dan satwa agar semua bisa terselamatkan tidak ada kerugian/korban. Para petugas dilapangan juga memberikan himbauan agar warga masyarakat meningkatkan kewaspadaan dan menghindari perjumpaan secara langsung dengan satwa tersebut serta memberikan bantuan peralatan berupa jaring agar dapat dilakukan tindakan pertama untuk mengisolasi satwa sehingga memudahkan evakuasi. 
Sampai dengan berita ini diturunkan petugas dari RKW Cilacap masih terus melalukan upaya pemantauan di lapangan.
 
Kontributor Lapangan: Rakhmat Hidayat, Polhut Balai KSDA Jateng

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini