Klarifikasi Kematian Dugong-Dugong Yang Viral Di Medsos

Jumat, 29 September 2017

Rupat Utaraa. (26/09/2017) Beredar kabar di medsos bahwa telah ditemuakan ditemukan spesies langka Dugong (Dugong dugon)  mati terdampar di Perairan Kuala Simpur, Rupat Utara Kabupaten Bengkalis. Informasi tersebut diperoleh dari laman akun facebook atas nama Tan Siuphing tanggal 27 September 2017.

Berdasarkan informasi dari Abdul Kadir Penyuluh Perikanan Dinas Perikanan Kabupaten Bengkalis, mamalia laut tersebut dijumpai nelayan dalam kondisi mati ketika hendak melaut di antara Pulau Tengah, Rupat Utara. Mengetahui hal tersebut bangkai dari Dugong tersebut kemudian dibawa kembali ke tepi dengan cara menarik menggunakan perahu. Sesampai di Kuala Simpur bangkai Dugong tersebut dipotong-potong dan dibagi-bagikan kepada warga.

Kepala Balai Besar Riau Makfud menyampaikan “Oleh karenanya Kami akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat dalam waktu dekat untuk menjaga keberadaan dan kelestarian satwa langka tersebut”.

Hewan yang memiliki nama latin Dugong dugon ini tergolong terancam punah dan dilindungi oleh Peraturan Pemerintah no. 7 Tahun 1999 Tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa. Habitat hidupnya berasosiasi dengan lamun (seagrass) yang mana di daerah Rupat Utara terdapat sebaran lamun.

Sumber BBKSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini