BTN Bukit Tigapuluh Tebang Kelapa Sawit di Kawasan TNBT

Senin, 25 September 2017

Lubuk Mandarsah, 25 September 2017. Kegiatan patroli pengamanan hutan di Resort Lubuk Mandarsah SPTN I Taman Nasional Bukit Tiga Puluh (TNBT) membuahkan hasil yang signifikan. Tim patroli pengamanan hutan seksi wilayah 1 tebo pada bulan september 2017 telah melakukan penumbangan/penebangan kelapa sawit yang masuk dalam kawasan taman nasional.

Selain itu penumbangan kelapa sawit juga dilakukan oleh petugas Tim TNBT, anggota TNI dan tokoh masyarakat Dusun Malako RT 16 Desa Lubuk Mandarsah. Sawit yang berhasil ditebang saat patroli sebanyak 147 batang.

Berdasarkan inventarisasi akhir tahun 2013, jumlah sawit yang berada di dalam kawasan 1.500 pohon. Jika diasumsikan jarak tanam 10 x 10 m maka luasan total adalah 15 ha.

Proses penyelesaian perkebunan kelapa sawit di dalam kawasan TNBT khususnya wilayah SPTN I Tebo Tengah sudah dilakukan sejak tahun 2012.

Berawal dari hasil orientasi batas untuk rekonstruksi dan dilanjutkan awal tahun 2013 rekonstruksi batas di mana kebun kelapa sawit seluas ± 15 ha masuk ke dalam kawasan TNBT.

Petugas melakukan upaya persuasif kepada masyarakat dan menjelaskan bahwa kebun mereka sudah masuk ke wilayah TNBT. Upaya persuasi ini menghasilkan kesepakatan pada Oktober 2013 bahwa pemilik kebun bersedia meninggalkan lahannya namun mereka menghendaki adanya bantuan pemberdayaan ekonomi dan disepakati mereka diberikan bantuan sapi pada tahun 2014.

Dalam kurun 2012 – 2015 dilakukan kegiatan RHL termasuk di areal kebun kelapa sawit dengan total luas 520 ha. Tahun 2014 dilakukan operasi gabungan penebangan sawit yang saat itu usia tanaman 2-7 tahun. Karena keterbatasan dana, operasi penebangan tidak selesai dan tanaman sawit yang ditebang kemudian tumbuh lagi karena penumbangan tidak sempurna. Tanggal 25 Oktober tim melakukan pembicaraan kembali dengan tokoh masyarakat dan pemuka adat bahwa tanaman sawit tersebut akan di tebang dan di tanami jenis mps dan mereka sepakat kembali untuk bersama2 menebang sawit tersebut. 

Akhirnya tanggal 20 – 24 September 2017 tim yg di pimpin langsung oleh ka seksi wilayah 1 tebo telah melakukan penebangan kembali namun hanya sebagian kecil yang bisa ditebang yaitu sebayak 147 batang.

Direncanakan penyelesaian penebangan akan dilakukan kembali pada tahun 2018. Pada lahan yg di tebang sawitnya sebagian sudah kami tanami mpts seperti durian , peti , jengkol dan lain - lain.

Sumber : Balai TN Bukit Tigapuluh

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini