Festival Anggrek Vanda Tricolor Var Suavis Lindl. Ke-3 Tahun 2017

Senin, 11 September 2017

Sleman, 11 September 2017. Festival Anggrek Vanda tricolor var Suavis Lindl. Ke-3 Tahun 2017, yang telah berlangsung selama 5 (lima) hari, tanggal 6 s.d 10 September 2017 di Taman Anggrek Titi Orchids, merupakan ajang tahunan sebagai media memperkenalkan dan mengedukasi masyarakat untuk berpartisipasi dalam melestarikan anggrek Vanda tricolor var Suavis Lindl., salah satu anggrek endemik Jawa yang tumbuh dalam kawasan Taman Nasional Gunung Merapi dan menjadi salah satu flagship spesienya.

Selain itu tujuan penyelenggaraan kegiatan ini juga untuk mengapresiasi masyarakat yang telah membudidayakan anggrek ini, mengembangkan potensi Anggrek yang berhabitat di lereng Gunung Merapi dan sekaligus mengembangkan event Pariwisata berbasis pertanian di Kabupaten Sleman.

Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama Perhimpunan Anggrek Indonesia (PAI) DIY dengan Balai TN Gunung Merapi , Taman Anggrek Titi Orchids, Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Dinas Tanaman Pangan, Pertanian dan Perikanan Kabupaten Sleman, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Sleman, Fak. Biologi UGM, Fak. Pertanian Janabadra.

Sekitar 1.600 pengunjung menghadiri dan mengikuti berbagai kegiatan digelar selama Festival berlangsung, diantaranya Lomba Kontes Vanda Tricolor var Suavis Lindl., Lomba Kontes Dendrobrum sec. Spatulata, Workshop “Dari Membaca menjadi Karya”, Pelatihan Budidaya dan Klinik Kesehatan Anggrek, Merangkai Tanaman dan Bunga Anggrek, Jelajah Wisata Edukasi dan Konservasi Anggrek, Lomba Menggambar dan Mewarnai, dan Pameran serta Bursa Anggrek.

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Bupati Sleman, Sri Muslimatun dan ditutup oleh Dra. Hj. Kustini, Ketua Penggerak PKK Kab.Sleman (istri Bupati Sleman). Pada acara penutupan disampaikan pengumuman dan penyerahan kepada pemenang berbagai lomba. Pemenang Lomba Kontes Vanda tricolor var Suavis Lindl. yaitu Juara I Sri Rahayuningsih (Pakem), Ilham Shah (Jl. Kaliurang), dan Juara III Dewi Anwari (Magelang). Sedangkan untuk pemenang Lomba Dendrobium sec. spatulata dimenangkan oleh Juara I Yuni Raharjo (Semaki), Juara II Bobby Ardianto (Solo) dan Juara III Wahyu Nugroho (Yogyakarta). Pada kesempatan ini Kasubbag Tata Usaha Balai TN Gunung Merapi, mewakili Kepala Balai menyerahkan piala dan hadiah lomba kepada Bobby Ardianto.

Sumber : Balai TN Gunung Merapi

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini