Tanjung Puting: Diantara Kekayaan Hayatinya Ditemukan Oberonia sp, Genus Anggrek Terkecil di Dunia

Senin, 04 September 2017

Pangkalan Bun (4/9/2017). Nun, disebuah lokasi rahasia di Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah II Kuala Pembuang. Resort sebagai unit pengelolaan terkecil taman nasional memiliki pekerjaan yang sungguh tak bisa dianggap remeh. Sebut saja Patroli Pengamanan Kawasan, Pengumpulan data Keanekaragaman Hayati, Pembinaan habitat, Penyadartahuan dan sederet lagi tugas rutin yang menuntut dedikasi manusia yang bekerja disana.

Salah salah kegiatan rutin resort yang masih dirahasiakan ini adalah identifikasi potensi suku orchidaceae/anggrek yang akan dibuatkan demplotnya. Identifikasi dan pengumpulan sampel dilakukan sejak Februari 2017 dan telah ditemukan 56 jenis anggrek, 25 jenis diantaranya telah teridentifikasi melalui studi literatur dan mendapat konfirmasi dari pemerhati anggrek di Indonesia.

Diantara temuan tumbuhan yang dicintai banyak orang itu terdapat satu jenis yang sangat menggugah keingintahuan karena dimensi tak lazimnya yang biasa dilihat atau dimiliki penikmat dan kolektor anggrek. Ukuran bunganya hanya berukuran melintang 1,1 – 1,5 milimeter, berbaris dalam tangkai yang panjangnya jauh melampaui helai-helai daunnya yang pipih, dengan deskripsi yang sangat mirip dengan yang ditemukan di kepulauan Mentawai, Indonesia pada tahun 2010.

Tahun 2009 lalu, Lou Jost, seorang peneliti kebangsaan Amerika di Ekuador menemukan Genus Platystele yang ukuran melintangnya 2-2,1 milimeter yang kemudian diklaim sebagai anggrek terkecil didunia di media nternasional. Akan tetapi Destario Metusala, seorang peneliti LIPI yang melakukan eksplorasi di kepulauan Mentawai pada awal 2010 menemukan bahwa Indonesia memiliki anggrek dengan ukuran yang lebih kecil yaitu genus Oberonia sp. Anggrek dari genus Oberonia sp ini memiliki bunga berwarna jingga terang dan dalam satu rangkaian perbungaan disusun atas ratusan kuntum bunga yang tersusun teratur dalam pola spiral.

Masih panjang jalan untuk klaim bahwa Tanjung Puting juga memiliki jenis anggrek dengan bunga terkecil didunia. Kajian ilmiah lanjutan perlu dilakukan menyeluruh. Tetapi untuk sementara, rekor anggrek terkecil di dunia yang dipegang oleh anggrek dari Ekuador telah dipatahkan oleh anggrek Oberonia sp.

 

Penulis                 : Efan Ekananda dan Edy Haryanto

Sumber                : SPTN II Kuala Pembuang

 

Link terkait :

Anggrek.org/Anggrek Indonesia Kalahkan Rekor Anggrek Terkecil di Dunia dari Ekuador

LIPI-Bunga Anggrek Terkecil Dari Indonesia

Platystele sp, The World’s Smallest Orchid Discovered (By Accident) —National Geographic

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Belum terdapat komentar pada berita ini