Peningkatan Penilaian METT BTN Lorentz Dengan Perolehan Nilai 60.

Kamis, 31 Agustus 2017

Timika, 31 Agustus 2017. Balai Taman Nasional Lorentz bekerja sama dengan USAID kembali melakukan penilaian efektifitas pengelolaan TN Lorentz dengan menggunakan METT pada tanggal 29 - 30 Agustus 2017 di Hotel Cenderawasih 66 Timika. Berbeda dengan penilaian yang dilakukan pada Tahun 2015, penilaian METT kali ini melibatkan stakeholder terkait seperti Balai Besar KSDA Papua, Bappeda Kabupaten Mimika, Bappeda Kabupaten Jayawijaya, Bappeda Kabupaten Nduga, Forum Kolaborasi Pengelolaan TN Lorentz, Lembaga Masyarakat Adat Asmat, perwakilan masyarakat adat Sempan, PT. Freeport Indonesia yang banyak mewarnai dalam diskusi penilaian efektifitas pengelolaan TN Lorentz.

Penilaian METT tahun 2017 ini menghasilkan nilai efektifitas pengelolaan TN Lorentz sebesar 60. Yang artinya terjadi peningkatan efektifitas pengelolaan kawasan yang cukup baik dengan adanya program-program pengelolaan kawasan yang efektif dan dukungan para pihak dalam pengelolaan TN Lorentz. Dari hasil penilaian teridentifikasi pula bahwa input atau sumberdaya pengelolaan TN Lorentz masih sangat sedikit. Hal ini menyebabkan nilai output menjadi kecil juga. Namun berkat dukungan dari mitra terkait dapat tercapai outcome yang baik.

Sebelumnya penilaian efektifitas pengelolaan Taman Nasional Lorentz tahun 2010, 2013, 2015 terjadi trend penurunan efektifitas pengelolaan dari nilai 57, 53, 52 yang disebabkan beberapa faktor, namun pada tahun 2017 ini telah terjadi peningkatan yang signifikan atas upaya kerja bersama.

Dalam sambutannya Kepala Balai TN Lorentz, A.Guntara Martana mengapresiasi dukungan yang diberikan oleh pihak lain seperti USAID Lestari, Forum Kolaborasi Pengelolaan TN Lorentz, masyarakat adat, pemerintah daerah dan pihak-pihak lain yang telah berkontribusi dalam penilaian efektifitas pengelolaan TN Lorentz sehingga dapat mencapai nilai 60.

Beliau menegaskan bahwa penilaian METT ini bukan penilaian kinerja Balai TN Lorentz. Namun lebih dari itu, bahwa penilaian METT merupakan penilaian hasil akhir atau outcome dari output-output yang dihasilkan selama pengelolaan baik oleh Balai TN Lorentz selaku unit pengelola maupun oleh dukungan pihak-pihak lain. Untuk itu, peningkatan nilai METT saat ini menjadi ukuran atas apa yang telah dilakukan selama 2 tahun terakhir ini.

Penilaian METT ini ditutup pada tanggal 30 Agustus 2017 namun masih terdapat banyak hal yang perlu dikerjakan untuk meningkatkan nilai efektifitas pengelolaan TN Lorentz menjadi 70 pada tahun 2019.

Sumber : Balai TN Lorentz

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini