Pendidikan dan Penyadartahuan Konservasi BBTN BKDS Untuk Anak SD dan SMP

Selasa, 29 Agustus 2017

Lanjak, 28 Agustus 2017. Untuk penyadartahuan mengenai pentingnya konservasi, PRCF dan Balai Besar TN Betung Kerihun dan Danau Sentarum (BBTNBKDS) menyelenggarakan kegiatan Pendidikan dan Penyadaran Konservasi di kecamatan Lanjak kepada murid SD dan SMP. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 26-28 Agustus 2017 bertempat di SDN 2 Lanjak.

Rangkaian kegiatan pendidikan konservasi yang dilaksanakan berupa workshop, pemutaran film dan perlombaan. Kegiatan yang diikuti murid murid SD dan SMP di kecamatan lanjak dimulai dengan Workshop Membangun Komitmen Konservasi dalam Kurikulum Pendidikan dengan materi Keanekaragaman Hayati Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum dan Pendidikan Berbasis Lingkungan yang diikuti oleh Guru-guru dari SD dan SMP.

Dilanjutkan dengan kegiatan pemutaran film Keanekaragaman Hayati Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum dan Buaya Senyulong kepada Guru dan Murid SD dan SMP. Kegiatan pendidikan konservasi ini diakhiri dengan lomba mewarnai tingkat SD dan lomba mengarang tingkat SMP. 

Gunawan Budi Hartono, Selaku Kepala Bidang Wilayah Pengelolaan Taman Nasional Wilayah III pada kesempatan ini menyampaikan betapa pentingnya kegiatan ini, manfaat kegiatan ini tidak dapat langsung dirasakan pada saat ini, namun baru akan terasa puluhan tahun mendatang. Gunawan juga mengharapkan agar kurikulum tentang pendidikan lingkungan ini dapat masuk menjadi mata pelajaran wajib, sehingga pengetahuan dan rasa cinta terhadap alam dapat ditanamkan sejak dini melalui pendidikan. 

Marcelius Yunias Kepala Sekolah SMPN I Lanjak menyambut baik kegiatan pendidikan konservasi ini. “Kegaiatan semacam ini sebaiknya rutin dilaksanakan sehingga secara terus menerus generasi muda akan mendapatkan informasi mengenai konservasi” imbuhnya. “Kedepan sebaiknya diadakan juga kegiatan ke lapangan, jadi anak-anak didik kami dapat langsung menyaksikan hutan yang ada. Kegaian kemah, jelajah alam dan kegiatan kepramukaan bias dilaksankan di kawasan TNBKDS. Kami ingin berkontribusi nyata terhadap konservasi di TNBKDS, selain itu kami berharap pendidikan lingkungan bisa menjadi mata pelajaran melalui pelajaran muatan lokal” tegas Marcelius.

Penanggungjawab Berita

Kepala Sub Bagian Data Evaluasi Pelaporan dan Kehumasan Balai Besar Betung Kerihun dan Danau Sentarum
Dian Banjar Agung, S.Hut., M.Sc.

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini