Pengukuhan SWAT di HUT RI Oleh TN. Aketajwe Lolobata

Jumat, 18 Agustus 2017

Sofifi, 17 Agustus 2017. Setelah kelompok wisata Totango di Resort Binagara, satu lagi kelompok wisata sekitar kawasan mulai tumbuh dan ingin membantu mempromosikan potensi wisata alam di kawasan Taman Nasional Aketajawe Lolobata (TNAL). Kelompok tersebut menamakan diri sebagai “Sanggar Wisata Alam Tayawi”. Bertempat di desa Koli, kecamatan Oba, Kota Tidore Kepulauan Sanggar Wisata Alam Tayawi (SWAT) akan menjadi kelompok wisata yang mendukung kegiatan wisata terutama di Resort Tayawi dan Suaka Burung Paruh Bengkok.

Tepat pada saat pelaksanaan upacara bendera Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, Kepala Balai TNAL mengukuhkan kelompok Sanggar Wisata Alam Tayawi sebagai mitra taman nasional dan kelompok Siswa Pecinta Alam (Sispala) NUKU sebagai kader konservasi Balai TNAL.

Kelompok SWAT selanjutnya diberikan arahan dan motivasi oleh Kepala Balai TNAL di bumi perkemahan Goshimo. Pak Tata, panggilan akrab Kepala Balai TNAL menuturkan “Kelompok ini (SWAT) nantinya akan menjadi verifikator atau merekomendasikan pengusulan ijin jasa wisata alam di TNAL oleh kelompok lain atau perorangan, jika kelompok SWAT menyetujui kelompok tersebut maka TNAL akan membuatkan persetujuan berdasarkan rekomendasi kelompok.”

 

Oleh : Akhmad David Kurnia Putra

Polisi Kehutanan Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini