Hadiri Puncak Festival LIKE, Presiden Jokowi Minta Rakyat untuk Hati-Hati

Selasa, 19 September 2023 Sekretariat Ditjen KSDAE

Jakarta, 19 September 2023 – Hati - hati…kata pertama yang Presiden Joko Widodo sampaikan pada Puncak Festival Lingkungan Iklim Kehutanan dan Energi baru terbarukan (LIKE), Senin (18/9), di Indonesia Arena, Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. Jokowi datang ke Festival LIKE disambut langsung Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan beserta jajaran dan perwakilan Menteri Kabinet Indonesia Maju. 

Presiden Joko Widodo menyambut baik acara ini dan berharap masyarakat menjadi lebih peduli dan peka terhadap berbagai macam isu lingkungan. Presiden juga menyampaikan kekhawatirannya terhadap dampak perubahan iklim yang tidak hanya berdampak untuk Indonesia saja tetapi juga bagi seluruh dunia, diantara dampak yang cukup menjadi tantangan adalah ketersediaan pangan.  Dalam sambutan singkatnya, Presiden juga menyoroti ancaman krisis pangan di dunia, beliau menyampaikan kekhawatirannya tentang beberapa negara mitra dan sahabat Indonesia yang mengurangi kuota ekspor pangan mereka untuk dikonsumsi negara mereka sendiri dan ini terjadi secara terus menerus, hal yang patut diwaspadai oleh masyarakat Indonesia.

Untuk para perusahaan tambang, Presiden Joko Widodo mengamanatkan wajib untuk memiliki persemaian, sehingga bisa langsung menanam pohon di area bekas tambangnya dan mengurangi dampak kerusakan lingkungan.

Pada kesempatan ini, Presiden Jokowi juga menyerahkan Surat Keputusan (SK) Perhutanan Sosial dan SK Tora kepada 12 orang perwakilan penerima yang hadir dalam acara Festival LIKE, untuk dikelola secara lestari dan berkelanjutan. Presiden menghimbau agar masyarakat yang memiliki mandat untuk mengelola perhutanan sosial dapat memanfaatkan kesempatan ini secara baik dan dapat memberi manfaat bagi masyarakat dan lingkungan secara luas.

Puncak Festival LIKE sebelumnya diikuti berbagai kegiatan mulai tanggal 16 - 17 September 2023, diantaranya pameran, talkshow, coaching clinic, lomba debat, seminar dan seller meet buyer. Ragam acara yang variatif ini diikuti lebih dari 37 ribu masyarakat dari berbagai sudut Nusantara dan diikuti berbagai kalangan dari mahasiswa, ASN, petani, pengusaha, utusan negara sahabat, aktivis, jurnalis dan masyarakat pegiat lingkungan.

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini