Road to HKAN : Mengantar “Kopral”, Elang Ular Bido, ke SFF Bunder

Jumat, 04 Agustus 2023 BTN Gunung Merapi

Yogyakarta, 3 Agustus 2023 -  Petugas Balai Taman Nasional Gunung Merapi (BTNGM) menyerahkan seekor Elang Ular Bido (Spilornis cheela) ke Stasiun Flora Fauna (SFF) Bunder, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) D.I Yogyakarta, Kamis pagi 3 Agustus 2023.   Elang Ular Bido yang diberi nama ‘Kopral’ ini, awalnya dilaporkan oleh masyarakat, ditemukan di daerah enclave Desa Ngablak, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, pada 23 Mei 2023.  

Pada saat ditemukan, kondisi sayap kanan terlihat luka dan rontok bulunya namun masih terdapat sifat liarnya. Setelah mendapatkan perawatan pertama oleh petugas Balai TNGM, maka satwa tersebut di bawa ke SFF Bunder, yang merupakan tempat untuk merehabilitasi satwa, baik satwa sitaan maupun satwa hasil perdagangan umum.

Selanjutnya, akan dilakukan rontgen di klinik hewan, untuk mengetahui kondisi kesehatan yang mendetail dari ‘Kopral’.   Dalam kondisi normal, memerlukan kurang lebih 5 bulan untuk pemulihan ‘Kopral’, dan rencananya akan dilepasliarkan kembali di kawasan konservasi TNGM. 

Dalam kesempatan terpisah, Kepala Balai TNGM, Muhammad Wahyudi, menyampaikan harapannya agar ‘Kopral’ lekas pulih dan dapat dilepasliarkan di kawasan konservasi TNGM.  Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan Road to HKAN 2023, pungkasnya.  Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) 2023 dengan tema Hapungkal Himba Karingu atau Jiwa Yang Damai Dalam Harmoni Hutan Belantara.  Puncak HKAN akan dilaksanakan di TWA Bukit Tangkiling, Provinsi Kalimantan Tengah. 

*

Penanggung jawab: Muhammad Wahyudi, S.P, M.Sc. (Kepala Balai) - 085244012365

FB: Taman Nasional Merapi

Twiter: @btngunungmerapi

IG: @btn_gn_merapi

Website : tngmerapi.id


Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini