Harimau Terkam Ternak Warga di Kotanopan

Senin, 31 Juli 2023 BBKSDA Sumatera Utara

Kotanopan, 31 Juli 2023 - Interaksi negatif warga dengan Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae) kembali terjadi di Desa Gunung Tua Muara Soro, Kecamatan Kotanopan, Kabupaten Mandailing Natal. Peristiwa ini bermula dari adanya laporan warga kepada petugas Balai Besar KSDA Sumatera Utara melalui Seksi Konservasi Wilayah V Sipirok. Laporan kemudian ditindaklanjuti dengan menyambangi lokasi, pada Sabtu 29 Juli 2023.

Sebelum ke lokasi petugas berkoordinasi dengan Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah II Kotanopan, Balai Taman Nasional Batang Gadis., dan selanjutnya Tim gabungan Balai Besar KSDA Sumatera Utara dan Balai Taman Nasional Batang Gadis menuju ke TKP di Desa Gunung Tua Muara Soro dan berkoordinasi dengan Camat Kotanopan, Babinsa Koramil 14/Kotanopan, Kepala Desa serta masyarakat.

Tim gabungan bersama dengan Babinsa Koramil 14/Aek Kanopan dan beberapa warga melakukan observasi lapangan. Hasilnya bahwa lokasi kejadian interaksi negatif  berada di kebun karet warga, tetapi merujuk kepada peta yang ada status lahan adalah kawasan hutan lindung.Tim juga menemukan di lokasi adanya bangkai 2 ekor ternak lembu peliharaan warga yang diseret dan diduga telah dimakan oleh si raja hutan.

Mitigasi konflik yang dilakukan oleh Tim dengan memasang kamera trap inventaris (milik) Balai Taman Nasional Batang Gadis sebanyak 2 buah di dekat kedua bangkai lembu. Selain itu dilakukan juga pemasangan kandang jebak di Desa Gunung Tua Muara Soro mengingat kekhawatiran warga akan dugaan keberadaan harimau  di lokasi tersebut. Tim pun menyampaikan himbauan agar warga mengurangi kegiatan-kegiatan yang tidak begitu penting, dan bila dalam keadaan terpaksa sebaiknya dilakukan secara berkelompok. Dihimbau juga untuk menghindari perbuatan atau tindakan yang dapat membahayakan warga maupun satwa liar. Sampai berita ini dinaikkan Tim terus memantau situasi di lokasi.


Sumber : Parta Basmely (Polhut Mahir) – Balai Besar KSDA Sumatera Utara

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini