Kereenn....sang "Garuda" lahir di TNGGP

Minggu, 11 Juni 2023 Balai Besar TN Gunung Gede Pangrango

Cibodas, 11 Juni 2023 - Tim Pengendali Ekosistem Hutan (PEH) Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (BBTNGGP) bersama Mitra RCS (Raptor Conservation Society) menemukan anak Elang Jawa (Nisaetus bartelsi) yang berumur 10 hari di Resort PTN Cibodas, Seksi PTN Wilayah I Cibodas, Bidang PTN Wilayah I Cianjur pada tanggal 3 Juni 2023. Kelahiran anak elang jawa ini bertepatan dengan hari Lahirnya Pancasila, yaitu 1 Juni 2023. Anak elang ini lahir dari pasangan elang jawa jantan bernama Mandala dan betina bernama Wangi.

Pasangan induk elang jawa tersebut terpantau telah menghuni di wilayah Resort PTN Cibodas dan aktif berkembangbiak sejak 2010 (sumber Mitra RCS). Elang Jawa termasuk ke dalam satwa yang setia pada pasangannya (monogami). Periode berkembangbiaknya yaitu dua tahun sekali dengan hanya menghasilkan satu telur setiap periode.

Kepala Balai Besar TNGGP, Sapto Aji Prabowo menyatakan kelahiran anak elang jawa ini telah menambah populasi satwa langka yang dilindungi di TNGGP. Elang jawa memiliki kedudukan di puncak rantai makanan (Top Predator) dalam sebuah ekosistem dan memiliki peranan penting sebagai pengendali populasi satwa lain yang menjadi mangsanya dan menjaga keseimbangan ekosistem serta berfungsi sebagai indikator kondisi suatu lingkungan yang baik karena jenis ini sangat peka terhadap kerusakan lingkungan.

“Satwa burung pemangsa ini masuk ke dalam daftar merah IUCN (International Union for Conservation of natuire and Natural Resources-IUCN Redlist) dengan kategori terancam punah (Endangered). Elang jawa merupakan satwa dilindungi melalui Peraturan Pemerintah No. 7 Tahun 1999 tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa serta Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor P.106/MENLHK/SETJEN/KUM.1/12/2018,” jelas Sapto .

Sapto menambahkan bahwa TNGGP merupakan habitat penting bagi tiga satwa prioritas endemik Pulau Jawa, yaitu macan tutul jawa, owa jawa, dan elang jawa.

“Kawasan ini memiliki ekosistem yang baik serta mendukung perkembangbiakan alami elang jawa yang secara sejarah telah menjadi inspirasi Garuda Pancasila sebagai lambang negara Indonesia. Sejak 2015, kami mencatat 16 sarang elang jawa aktif di kawasan taman nasional ini yang terdiri atas 6 sarang di Wilayah Cianjur, 5 sarang di Sukabumi, dan 5 sarang di Bogor.” Pungkas Sapto.


Sumber : Balai Besar TN Gunung Gede Pangrango

Teks : Agus Deni @agustdenie

Foto : Tim Publikasi BBTNGGP

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini