Cek dan Ricek TWA Buluh Cina Dengan Patroli

Selasa, 21 Maret 2023

Pekanbaru, 20 Maret 2023 – Balai Besar KSDA Riau melalui Resort Buluh Cina melakukan patroli pengamanan kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Buluh Cina di Kec. Siak Hulu, Kab. Kampar pada tanggal 7 s/d 9 Maret 2023. Patroli yang dipimpin Kepala Resort, Muslino dilakukan bersama Babinkamtibmas serta masyarakat Desa Buluh Cina.

Tim gabungan berjalan kaki menuju danau Tuk Tongah dan  menjumpai pohon Langgam yang diperkirakan sudah langka dan buahnya dapat dimakan. Patroli menuju Danau Tuk Tongah ditemukan pal batas dan dipasang papan larangan di sekitar lokasi. Berdasarkan pengamatan Tim, lokasi hutan masih sangat baik dan sangat cocok untuk dikembangkan wisata trekking yang menembus hutan sampai ke sungai Ukam dengan keindahan 2 pohon beringin berukuran besar yang sangat cocok untuk spot foto.

Selain berjalan kaki patroli juga dilakukan dengan menggunakan gajah jinak karena medan yang cukup sulit menuju perbatasan TWA Buluh Cina dengan Desa Kapau Jaya. Pada lokasi tersebut ditemukan areal yang sudah terbuka dengan prakiraan luas sekitar 5 ha, namun pelaku tidak dijumpai. Dari temuan tersebut, dipasang tanda peringatan dan pemberitahuan areal tersebut adalah kawasan konservasi TWA Buluhcina. Di sepanjang jalan menuju areal tersebut, juga dijumpai tanda - tanda yang diduga akan dikerjakan berupa pancang dari kayu, namun lagi – lagi pelaku tidak ditemukan dan areal belum dikerjakan.

Sumber: Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini