Jaga Kawasan TWA Sungai Dumai Dengan Berpatroli

Selasa, 21 Maret 2023

Pekanbaru, 20 Maret 2023 – Balai Besar KSDA Riau melalui petugas Resort Dumai yang dipimpin Kepala Resort, Nurjaman melakukan patroli pengamanan kawasan di Taman Wisata Alam (TWA) Sungai Dumai di Kota Dumai pada tangga 7 s/d 10 Maret 2023. Patroli dilakukan di lokasi yang rawan terhadap perambahan dan aktifitas masyarakat dalam kawasan.

Lokasi awal patroli tidak ditemukan aktifitas pengambilan kayu Mahang dan pembukaan baru. Namun terdapat masyarakat yang bercocok tanam sayur, yang kemudian diberikan sosialisasi. Patroli bergeser ke Kel.Bukit Batrem di Danau Putri Tujuh, lokasi tersebut merupakan danau dan embung untuk penanganan masalah banjir dan apabila di kembangkan sangat berpotensi sebagai tempat wisata.  Selain danaunya masih  alami, terlihat beberapa satwa liar seperti burung di sekitar danau tersebut.

Alat berat dijumpai saat petugas bergerak Jl. Dumai Motor, Kec Tanjung Palas. Alat tersebut sedang melakukan aktivitas di kebun sawit milik Dumai Motor, surat peringatan pun diberikan untuk  tidak melanjutkan kegiatan dalam kawasan konservasi. Bergeser ke lokasi Kel. Tanjung Palas Sri Pulau, lagi – lagi ditemukan aktivitas pengambilan tambang pasir, teguran pun diberikan untuk tidak melanjutkan aktivitas apabila tidak ingin berurusan dengan hukum. Barang bukti juga ditemukan di Jl. Batu Bintang Ujung yaitu sebuah pondok dengan bangunan pondasi rumah, namun tak ditemukan seorangpun yang dapat dimintai keterangan.

Pantauan dilajutkan esok hari di Jl. Abdurrabkhan (Pomproy) Kel. Bukit Timah, Kec Dumai Selatan Kota Dumai dan di belakang Bandara Pinang Kampai. Masih terlihat  satu unit rambu-rambu/plang besi TWA Sungai Dumai dan ditemukan pembukaan jalan setapak mengarah ke dalam kawasan untuk aktivitas masyarakat, terkait temuan ini, petugas akan melakukan pemantauan lebih lanjut.

Sumber: Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini