Pembuatan Kandang TPE, Permintaan Warga Dusun Ujung Pinem Wonosari

Senin, 20 Maret 2023

Petugas dan warga Dusun Ujung Pinem Wonosari bekerjasama pembuatan kandang TPE

Dusun Wonosari, 20 Maret 2023. Sebagai tindak lanjut atas laporan temuan jejak satwa Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae) dan permohonan masyarakat Dusun Ujung Pinem Wonosari, Desa Sei Serdang, Kecamatan Batang Serangan, Kabupaten Langkat, untuk memfasilitasi pembuatan kandang Tiger Proof Enclosure (TPE), maka pada tanggal 15-16 Maret 2023 tim gabungan dari Balai Besar KSDA Sumatera Utara melalui Seksi Konservasi Wilayah II Stabat, Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) dan lembaga  mitra WCS bersama-sama dengan masyarakat Dusun Ujung Pinem Wonosari telah membangun satu unit kandang TPE. Kandang  berukuran 20 m X 30 m dapat memuat 70 ekor ternak lembu sehingga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat secara komunal. Saat ini beberapa pemilik ternak sudah sepakat untuk pemakaian kandang TPE bersama.

Permohonan masyarakat untuk fasilitasi pembuatan kandang TPE merupakan respon posistif atas upaya sosialisasi yang telah dilakukan oleh Tim Penanganan Konflik Satwa untuk merubah pola beternak masyarakat agar mengandangkan ternaknya. Respon posisitf masyarakat dengan menyiapkan bahan pembuatan kandang seperti kayu dan kawat, kemudian memohon pendampingan dari tenaga ahli untuk pembuatan kandang TPE yaitu petugas Balai Besar KSDA Sumatera Utara, Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser dengan lembaga mitra WCS.

Dari evaluasi Tim terhadap manfaat kandang TPE yang telah ada saat ini, dinilai cukup efektif mengurangi terjadinya konflik dengan satwa liar jenis Harimau Sumatera, sehingga menjadi salah satu solusi efektif mencegah terjadinya konflik manusia dengan harimau di sekitar desa yang berbatasan dengan hutan TN Gunung Leuser. Fasilitasi pembuatan kendang TPE didampingi oleh Kepala Resort Aras Napal 242, Sontana Sembiring dan staf Tenaga Pengaman Hutan, Danang Dono.

Sumber : Herbert BP. Aritonang, S.Sos., MH. (Kepala SKW II Stabat) – Balai Besar KSDA Sumatera Utara

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini