Penyisiran Sungai SM Kerumutan dari Illegal Logging

Selasa, 07 Maret 2023

Pekanbaru, 7 Maret 2023 - Balai Besar KSDA Riau melalui Resort Kerumutan Utara yang dipimpin Kepala Resort, Sehat Nasution bersama beberapa masyarakat melakukan patroli penyisiran sungai Suaka Margasatwa (SM) Kerumutan menggunakan perahu/ketinting pada tanggal 21 – 23 Februari 2023.

Jalur illegal logging (illog) aktif ditemukan dan pelaku berhasil melarikan diri. Diduga orang tersebut sedang memulai merakit tumpukan kayu di pinggir sungai SM Kerumutan. Temuan kayu kemudian dihancurkan dengan cara dipotong menggunakan chainsaw. Keesokan harinya, patroli dilanjutkan dengan penyisiran melalui sungai SM kerumutan dan menemukan jalur illog yang baru dibuka dan barang bukti berupa minyak pertalite yang sudah di campur oli kotor, chainsaw dan terpal untuk tempat istirahat pelaku illog. Barang temuan tersebut dibawa ke pos Resort dan dihancurkan tarpal dengan cara disobek dengan parang.

Penyisiran dilanjutkan dan kembali ditemukan adanya bekas olahan yang berada tidak jauh dari pinggir sungai SM kerumutan, namun tidak ditemukan adanya kayu olahan. Petugas segera melakukan koordinasi dengan Kepala Desa Teluk Binjai terkait dugaan masih adanya warga Teluk Binjai yang beraktivitas di dalam kawasan SM Kerumutan. Karena saat patroli masih ditemukan warga Teluk Binjai tertangkap baik pelaku atau pun barang temuan kayu dan petugas akan melakukan tindakan hukum sesuai undang-undang yang berlaku. Kepala desa Teluk Binjai menyampaikan bahwa sosialisasi kepada warganya sudah sering dilakukan dan akan mencari solusi kepada warganya apabila masih ada yang menjadi illoger mengingat sanksi hukum yang berat dapat dikenakan jika tertangkap oleh petugas.

Balai Besar KSDA Riau berharap pemerintah desa selalu mendukung upaya pengamanan kawasan SM Kerumutan dan berharap agar jangan sampai ada warga Teluk Binjai yang menjadi pelaku illog karena akan terkena sanksi hukum.

Sumber: Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini