Giat Patroli Bersama Dengan MMP di Suaka Alam Lubuk Raya

Senin, 06 Maret 2023

Tim patroli memantau kondisi kawasan SA. Lubuk Raya

SA. Lubuk Raya, 6 Maret 2023 - Suaka Alam (SA.) Lubuk Raya merupakan kawasan hutan konservasi yang memiliki keanekaragaman hayati baik flora maupun fauna. SA. Lubuk Raya memiliki beberapa desa penyangga, antara lain Desa Sitaratoit, Desa Aek Sabaon, Desa Sugi, dan beberapa desa lainnya. Dalam rangka untuk menjaga kelestarian kawasan SA. Lubuk Raya, khususnya berkaitan dengan flora dan fauna, maka dilakukanlah kegiatan patroli bersama dengan Masyarakat Mitra Polhut (MMP).

Kegiatan patroli bersama ini dilakukan dari tanggal 28 Februari sampai dengan 3 Maret 2023, di 4 (empat) desa, yaitu : Desa Sugi, Desa Marancar Julu, Desa Gapuk Tua dan Desa Aek Sabaon. Dalam kegiatan patroli pada tanggal 1 Maret 2023,  Tim  menemukan 3 individu (2 dewasa dan 1 anakan) Siamang  (Symphalangus syndactylus) di luar kawasan SA. Lubuk Raya. Tim juga menemukan tumpukan kayu di gubuk kebun masyarakat di luar kawasan SA. Lubuk Raya. Dalam sosialisasi kepada warga Tim menyampaikan himbauan agar peduli terhadap satwa liar dan menghindari perbuatan serta tindakan yang mengganggu serta mengancam satwa tersebut.

         Berlanjut pada tanggal 2 Maret 2023, menindak lanjuti laporan masyarakat Desa Marancar Julu terkait temuan jejak yang diduga jejak Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae), Tim melakukan  pengecekan di titik jejak tersebut, dan menyimpulkan bahwa jejak tersebut bukan merupakan jejak harimau, dikarenakan jejak tersebut terlampau kecil. Kemudian Tim berkoordinasi dengan kepala desa  terkait jejak tersebut yang bukan jejak Harimau Sumatera. Namun Tim tetap menghimbau agar warga menjaga kewaspadaan dan berhati-hati dalam beraktifitas di ladang masing masing.

         Kegiatan patroli bersama ini berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan. Disamping untuk memantau dan menjaga kondisi kawasan SA. Lubuk Raya, khususnya berkaitan dengan flora dan fauna, kegiatan patroli juga menjadi bagian penting pemberdayaan masyarakat melalui keterlibatan MMP berperan aktif ikut menjaga kelestarian kawasan konservasi. Ke depan pemberdayaan MMP ini akan terus ditingkatkan lagi.

Sumber : Parta Basmely (Kepala Resort SA. Lubuk Raya) – Balai Besar KSDA Sumatera Utara

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini