Siswa SD Belajar di Alam di TWA Sungai Dumai

Selasa, 21 Februari 2023

Pekanbaru, 21 Februari 2023 - Balai Besar KSDA Riau melalui Seksi Konservasi Wilayah (SKW) IV Dumai bersama dua Guru SDN 03 Bukit Kapur dan 22 murid SDN 03 Bukit Kapur, Kec. Bukit Kapur, Kota Dumai melakukan kegiatan pembelajaran di alam tentang sumber daya alam di kawasan konservasi Taman Wisata Alam (TWA) Sungai Dumai, Minggu (11/2).

Sebelum masuk kawasan konservasi, mereka membayar karcis pengunjung di hari libur dengan tarif Rp. 4.500/orang/hari, tarif tersebut akan disetor sebagai penerimaan PNBP ke negara.

Murid – murid dan guru diberikan penjelasan dan edukasi terkait konservasi terutama kawasan konservasi TWA Sungai Dumai dan manfaat hutan untuk kehidupan manusia termasuk flora fauna yang ada di dalamnya. Setelah itu, para peserta diajak berjalan menuju hutan di TWA Sungai Dumai untuk melakukan pengamatan sumber daya alam yang ada di sana. Para peserta yang duduk di kelas IV ini terlihat sangat gembira, senang dan antusias melakukan pembelajaran di alam apalagi mereka dapat melihat langsung flora dan faunanya. Fauna yang masih dapat dijumpai yaitu monyet ekor panjang dan tupai. Sedang fauna yang masih dapat dijumpai adalah pohon Meranti, Bintangur, dan Mahang.

BBKSDA Riau berharap kedepannya lebih banyak lagi sekolah yang berkunjung dan belajar konservasi sehingga masyarakat terutama kawula muda ikut berperan aktif dalam konservasi sesuai kemampuannya. Selain itu, semakin berkembangnya pengembangan Bina Cinta Alam serta Penyuluhan Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistemnya yang dapat dipahami masyarakat luas.

Sumber: Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini