Berakhir Pekan Dengan Monitoring & Patroli di TN Tesso Nilo

Selasa, 31 Januari 2023

Pelalawan, 31 Januari 2023. Berakhir pekan di kawasan Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN), petugas piket jaga kawasan melakukan monitoring dan patroli di areal Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah I Lubuk Kembang Bunga (LKB) dan SPTN Wilayah II Baserah pada tanggal 28-29 Januari 2023. Aksi monitoring dan patroli dilakukan dengan memberikan himbauan, peringatan, pemasangan plang dan penyisiran dari aktivitas illegal logging serta penyebaran biji di lokasi terbuka.

Aksi pada hari pertama monitoring dan patroli, petugas menjumpai 2 unit motor dan 2 orang yang sedang mencari damar di dalam kawasan, kemudian kedua warga tersebut diberikan himbauan agar keluar dari dalam kawasan TN Tesso Nilo dan diperingatkan untuk tidak melakukan aktifitas illegal di dalam kawasan. Plang himbauan/peringatan juga dipasang di beberapa titik yang rawan terjadinya tindak pidana kehutanan. Petugas juga memantau lokasi yang disinyalir masyarakat terjadi aktivitas illegal logging karena terlihat adanya tumbangan baru yang telah menutupi akses jalan, namun pelaku dan mesin tidak ditemukan.

Sama seperti monitoring dan patroli hari kedua, petugas tidak menemukan adanya aktivitas illegal logging, namun plang himbuan/peringatan di sekitar areal tetap dipasang dan dilakukan penyebaran biji di beberapa lokasi terbuka. Kemudian kegiatan anjangsana dilakukan ke salah satu pondok masyarakat untuk memberikan himbauan agar tidak melakukan aktivitas terlarang di kawasan TN Tesso Nilo.

Sumber: Balai Taman Nasional Tesso Nilo

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini