Menelusuri Jejak Harimau Sumatera di SM Kerumutan

Jumat, 13 Januari 2023

Pekanbaru, 13 Januari 2022. Kegiatan patroli mandiri dan monitoring satwa harimau sumatera di sekitar kawasan Suaka Margasatwa (SM) Kerumutan Selatan Desa Redang, Kec. Rengat Barat Kab. Inhu dilakukan Resort Kerumutan Selatan, Balai Besar KSDA Riau, Rabu (11/1). Tim berpatroli bersama Danru Damkar dan Penyelamatan KPBD Kab. Inhu bersama anggota, masyarakat peduli api (MPA) dan masyarakat Desa Redang di sungai Indragiri dan Kanal/Parit Barito dengan menggunakan dua perahu motor ( pompong ) di Desa Redang Kec. Rengat Barat.

Kanal/parit ini merupakan salah satu akses menuju kawasan SM Kerumutan Selatan dan sebahagian masyarakat menggunakannya sebagai transportasi untuk mengangkut hasil perkebunan sawit serta karet. Tim mengantisipasi agar kanal/parit tersebut tidak untuk kegiatan ilegal kehutanan. Lokasi ini juga merupakan perlintasan satwa liar harimau sumatera dari kawasan SM Kerumutan Selatan. Petugas gabungan juga melakukan monitoring dan pengecekan serta penyisiran jejak satwa harimau sumatera di perkebunan sawit dan karet masyarakat dan ditemukan jejak yang diduga satwa harimau sumatera ukuran dewasa. Dari hasil temuan jejak tersebut, petugas melakukan pemasangan Camera Trap (CT) sebanyak dua unit untuk indentivikasi individu dan memantau pergerakan satwa.

Tim gabungan melakukan sosialisasi dan menghimbau kepada masyarakat agar tetap waspada dan hati-hati apabila melakukan aktivitas di kebun terutama pada pagi dan sore hari, melarang masyarakat untuk melalui jalan perlintasan satwa harimau sumatera pada malam harinya. Masyarakat juga diingatkan agar tidak melakukan perburuan, memasang jerat, melukai dan menangkap satwa yang dilindungi oleh Undang-undang termasuk satwa harimau sumatera.

Sumber: Balai Besar KSDA Riau

 
 
 
 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini