Pantau Bukaan Lahan SM Bukit Rimbang Bukit Baling

Kamis, 12 Januari 2023

Pekanbaru, 12 Januari 2023. Resort Bukit Baling, Balai Besar KSDA Riau, melakukan kegiatan pengumpulan data dan informasi (Puldasi) di sekitar kawasan Suaka Margasatwa (SM) Bukit Rimbang Bukit Baling, Kec. Kampar Kiri Hulu, Kab. Kampar pada tanggal 9 s/d 10 Januari 2023. Tim melakukan pengecekan lokasi lahan di pinggir sungai Subayang yang di buka masyarakat, dengan status lokasi pertama ialah areal penggunaan lain (APL), luas sekitar 2 ha dan lokasi kedua berstatus di perbatasan antara APL dan hutam lindung (HL) seluas sekitar 1 ha. Keduanya berada di desa Muara Bio.

Koordinasi kemudian dilakukan dengan Kades Muara Bio, bahwa lahan dibuka oleh warga Muara Bio karena meyakini lokasi berada di luar kawasan SM Bukit Rimbang Bukit Baling. Pada awalnya mereka menanam karet secara turun temurun yang merupakan komoditi utama penopang kehidupan warga dan akan ditanami tanaman baru (tanaman sawit dan lainnya) untuk mendukung kebutuhan hidup warga.

Petugas menyampaikan pesan kepada Kades untuk diteruskan ke warga agar tidak melakukan pembukaan lahan di sempadan sungai karena akan berdampak pada erosi dan pendangkalan sungai serta mengurangi keasrian lingkungan; terhadap lahan yang telah dibuka dihimbau agar menanam kembali jenis tanaman hutan atau tanaman karet produktif sebagaimana sebelumnya secara turun temurun dan tidak diijinkan menanam sawit/non kehutanan; menghimbau warga agar tidak membuka lahan di dalam kawasan hutan atau sempadan sungai untuk ditanami sawit dan akan dilakukan pemantauan (sebelumnya sudah dilakukan terhadap lokasi sama sebanyak 3x). 

Untuk lokasi bukaan lahan III, di pinggir Sungai di Desa Tanjung Beringin yang mengarah ke daerah Puncak Bukit Sakti dengan status berada di dalam kawasan SM Bukit Rimbang Bukit Baling seluas sekitar 1 ha. Diketahui, lokasi ini dibuka dan diklaim milik Sdr. Hasmi alias Simi (Warga Desa Batu Sanggan) yang saat ini tinggal di Kec. Langgam tapi tidak dikerjakan. Petugas kemudian meminta klarifikasi Kades Batu Sanggan di kantor Balai Besar KSDA Riau, dan menurut keterangan Kades, lokasi sebelumnya ditanami karet warga (sudah ditanam secara turun temurun) dan akan dibuka untuk diganti tanaman baru yang dimungkinkan akan dibuat areal wisata alam menuju puncak bukit Sakti Tanjung Beringin. 
 
Sumber: Balai Besar KSDA Riau
 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini