Batang Kayu Broti Hasil Temuan Patroli di SM Bukit Rimbang Bukit Baling

Kamis, 12 Januari 2023

Pekanbaru, 12 Januari 2023. Hadir dan jaga kawasan memang suatu keharusan untuk tetap lestari dan terjaganya kawasan hutan dan fungsinya. Sebagaimana dilakukan petugas Balai Besar KSDA Riau pada Rabu dan Kamis, 4 s/d 5 Januari 2023. Tim Resort Bukit Rimbang dimotori Kepala Resort, Ahmad Fitriansyah melakukan patroli pengamanan kawasan Suaka Margasatwa (SM) Bukit Rimbang Bukit Baling tepatnya di sekitar sungai Pencong dan sungai Klisin. Di sekitar sungai Pencong, ditemukan tanda-tanda adanya aktivitas Illegal logging berupa dua buah jerigen minyak yang berisi pertalite dan oli kotor. Tidak jauh dari lokasi juga dijumpai botol bekas oli campur yang digunakan untuk chainsaw.

Kemudian, Tim menyusuri jalur yang diduga sebagai akses untuk mengeluarkan kayu dengan berjalan kaki dan ditemukan dua batang kayu broti serta tak jauh dari lokasi ditemukan juga tumpukan kayu sebanyak 12 batang kayu broti, namun pelaku tidak dijumpai petugas. Diperkirakan pelaku mengetahui akan ada petugas yang patroli. Barang bukti temuan tersebut dimusnahkan dengan cara dipotong menjadi dua dan dua jirigen berisi pertalite dan oli kotor diamankan ke kantor Resort.

Keesokan harinya, Tim melakukan patroli menyusuri jalur yang berada di area lindung (HCV) PT RAPP Desa Koto Baru dan menemukan sebuah sepeda motor yang terparkir namun tidak dijumpai orangnya. Tim melanjutkan perjalanan dan menjumpai rambu kawasan yang dipasang pada tanggal 1 Desember 2022 telah di rusak, namun lagi-lagi tidak dijumpai adanya bukaan lahan baru di lokasi tersebut. Dari hasil patroli, akan dilakukan evaluasi lebih lanjut.

Sumber: Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini