Lepas Buaya Muara dan Phyton di SM Kerumutan

Rabu, 11 Januari 2023

Pekanbaru, 11 Januari 2023. Serah terima satwa liar buaya muara dan pelepasliaran satwa ular python dilakukan Balai Besar KSDA Riau di kawasan konservadi Suaka Margasatwa (SM) Kerumutan, Kec. Rengat, Kab. Inhu pada Jum'at sampai Sabtu, 6 s/d 7 Januari 2023. Kegiatan dipimpin langsung Kepala Resort Kerumutan Selatan, bapak Zulkifli.

Setelah petugas melakukan pengecekan dan observasi, kondisi satwa tersebut cukup baik maka satwa dianggap layak untuk dilepaliarkan. Keesokan harinya, Tim berangkat untuk melakukan pelepasliaran dua ekor satwa ular python hasil tangkapan Tim patroli sapu jerat dan satu ekor buaya muara hasil serahan Dinas Damkar dan Penyelamatan KPBD Kab. Inhu di kawasan SM Kerumutan bagian selatan yang jauh dari pemukiman penduduk. Ketiga ekor satwa saat dilepasliarkan dalam kondisi sehat, baik dan agresif. 

Sebagai informasi, sebelumnya telah dilakukan serah terima satu ekor buaya muara di Kantor Bidang Wilayah I Rengat dari Dinas Damkar dan Penyelamatan KPBD Kab. Inhu. Buaya tersebut ditangkap oleh warga Desa Sungai Raya, Kec. Rengat di sekitar pemukiman masyarakat. Menurut laporan dari Kasi Damkar dan Penyelamatan KPBD Kab. Inhu, satwa ditangkap oleh warga ketika menyeberangi jalan lintas Rengat via Tembilahan dekat warung salah satu warga desa Sungai Raya pada hari Kamis, 5 Januari 2023 sekitar pukul 21.45 wib. Lokasi ditemukannya buaya muara oleh warga berdekatan dengan sungai Indragiri, Kec. Rengat dengan panjang sekitar 1,20 cm. 

Sumber: Balai Besar KSDA Riau

 
 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini