Pantau Si Belang di Awal Tahun

Selasa, 10 Januari 2023

Pekanbaru, 10 Januari 2023. Resort Kerumutan Selatan, Balai Besar KSDA Riau melakukan kegiatan patroli mandiri dan monitoring satwa liar harimau sumatera (HS) di Suaka Margasatwa (SM) Kerumutan, Desa Sungai Guntung Tengah, Kec. Rengat, Kab. Inhu, kamis (5/1). Tim berkoordinasi dengan Kades Sungai Guntung Tengah terkait laporan adanya perjumpaan jejak satwa yang diduga harimau sumatera di kebun sawit masyarakat sekitar kawasan SM Kerumutan bagian selatan.

Tim berpatroli dengan menyusuri sungai Batang Rengat dan Kanal PT. Teso Indah Wilayah Desa Sungai Guntung Tengah dengan menggunakan perahu (pompong), kemudian berjalan kaki di sekitar kawasan Kerumutan Selatan yang berbatasan dengan perkebunan sawit masyarakat untuk melakukan monitoring dan penyisiran jejak. Walaupun perkebunan sawit dipenuhi oleh semak belukar serta ditumbuhi pohon kayu, namun tidak ditemukan jejak satwa dimaksud. Diduga satwa bertahan di lokasi tersebut karena banyak tersedia pakan berupa satwa monyet, babi hutan dan ular python.

Kemudian, Tim melakukan sosialisasi dan memberi himbauan terhadap masyarakat yang dijumpai di lokasi perlintasan harimau sumatera agar berhati-hati dan waspada bila melakukan aktivitas di kebun sawit terutama pada pagi, sore dan malam hari, masyarakat juga dihimbau agar tidak melakukan perburuan, menangkap dan melukai satwa liar yang dilindungi undang-undang termasuk harimau sumatera.

Sumber: Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini