Petugas Menghalau Orangutan Tapanuli Yang Muncul di Kebun Warga

Senin, 09 Januari 2023

Salah satu sarang Orangutan yang ditemukan di kebun masyarakat

Arse Nauli, 9 Januari 2023. Orangutan Tapanuli (Pongo tapanuliensis) kerap muncul di kebun masyarakat di Lingkungan Pagaran Pisang, Kelurahan Arse Nauli, Kecamatan Arse, Kabupaten Tapanuli Selatan. Kemunculan orangutan ini kemudian mendorong warga untuk melaporkannya kepada petugas Balai Besar KSDA Sumatera Utara melalui Seksi Konservasi Wilayah V Sipirok.

Menindaklanjuti laporan warga, Tim Seksi Konservasi Wilayah V Sipirok bersama dengan lembaga mitra kerjasama Yayasan Scorpion Indonesia melakukan pengamatan dan pemantauan serta pengumpulan data dan informasi terkait keberadaan orangutan Tapanuli di lokasi, pada Kamis dan Jumat, 5-6 Januari 2023. Hasil pengamatan, Tim menemukan sarang orangutan sebanyak 8 buah, dimana 2 sarang dalam kondisi baru. Tim juga menemukan adanya tanda-tanda aktifitas satwa orangutan Tapanuli berupa bekas pakan, patahan ranting/dahan pohon dan kotoran satwa. Selain itu, Tim menemukan jerat di lokasi pengamatan.

Jerat yang ditemukan di lokasi

Setelah data dan informasi berhasil dikumpulkan dari pengamatan dan pemantauan, petugas melakukan upaya mitigas dengan mengusir serta mengahalau Orangutan Tapanuli menggunakan kembang api dalam upaya menggiring satwa tersebut ke arah hutan.

Penghalauan orangutan menggunakan kembang api

Tidak lupa Tim melakukan sosialisasi serta penyuluhan kepada masyarakat, agar tidak melakukan tindakan dan perbuatan yang dapat mengancam kepada kehidupan serta kelestarian orangutan beserta dengan habitatnya, mengingat Orangutan Tapanuli merupakan satwa yang dilindungi undang-undang.

Sumber : Dany Sitanggang, S.Hut. – Polhut Balai Besar KSDA Sumatera Utara

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini