Road To HKAN 2022, Balai Besar KSDA Sumatera Utara Lepasliar Satwa Dilindungi

Kamis, 11 Agustus 2022

Kucing Emas, salah satu yang dilepasliarkan

TWA Sicike-cike, 10 Agustus 2022. Road To Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) 2022, Balai Besar KSDA Sumatera Utara melaksanakan pelepasliaran satwa liar dilindungi di kawasan konservasi Taman Wisata Alam (TWA) Sicike-cike di Kabupaten Dairi, pada Selasa 9 Agustus 2022. Adapun jenis satwa yang dilepasliarkan adalah 2 individu Kukang (Nycticebus coucang) dengan jenis kelamin betina dan jantan, 1 ekor Kucing Emas (Profelis aurata) berjenis kelamin jantan, dan 1 ekor Kucing  Kuwuk (Prionailurus bengalensis) berjenis kelamin jantan.

Satwa Kukang dan Kucing Emas merupakan penyerahan masyarakat, sedangkan Kucing Kuwuk merupakan barang bukti titipan Balai Pengamanan dan Penegakkan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan Wilayah Sumatera yang perkaranya sudah inkracht (berkekuatan hukum tetap). Satwa-satwa tersebut sebelum dilepasliarkan telah menjalani perawatan dan rehabilitasi di Pusat Penyelamatan Satwa (PPS) Sibolangit.

Berdasarkan pemeriksaan kesehatan yang dilakukan oleh Tim Medis PPS Sibolangit, disimpulkan hasil observasi dan pengamatan visual tidak terlihat adanya gejala klinis penyakit menular dan satwa dalam kondisi normal/sehat sehingga layak untuk dikembalikan ke habitatnya. Kawasan TWA Sicike-cike dipilih sebagai lokasi pelepasliaran, mengingat kawasan ini merupakan habitat dari satwa-satwa tersebut.

Tim pelepasliaran

Pelepasliaran dilaksanakan langsung Kepala Seksi Perencanaan, Perlindungan dan Pengawetan, Amenson Girsang, SP. dan Kepala Seksi Konservasi Wilayah I Sidikalang, Tuahman Raya, S.Sos. Dengan pelepasliaran ini diharapkan Kukang, Kucing Emas dan Kucing Kuwuk dapat hidup dan berkembang biak secara alami di habitatnya.

Sumber : Ani, SP. – Polhut Balai Besar KSDA Sumatera Utara.

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini