Evakuasi Buaya Senyulong Yang Serang Warga di Sungai Kerumutan, Kabupaten Pelalawan

Senin, 11 Juli 2022

Pekanbaru, 11 Juli 2022 - Petugas Seksi Konservasi Wilayah (SKW) I, Tommy SP Sinambela bersama Ahmad Fitriansyah dan Romi melakukan mitigasi konflik dan evakuasi satwa di Kelurahan Kerumutan, Kecamatan Kerumutan, Kabupaten Pelalawan (4/7).

Berawal dari seorang nelayan bernama Pak Rudi, warga Kelurahan Kerumutan yang diserang buaya di sungai Kerumutan saat sedang mengambil bubu (perangkap ikan). Seekor buaya menggigit sampannya hingga karam. Dibantu seorang temannya, buaya tersebut akhirnya berhasil diamankan dan dibawa ke pinggir dermaga. Jenis satwa adalah buaya sinyulong (Tomistoma schlegelii), dengan panjang 330 cm, lebar 45 cm, dan berjenis kelamin betina.

Petugas Resort Kapau Balai Besar KSDA Riau dan masyarakat kemudian mengamankan buaya ke tepi dermaga untuk selanjutnya menunggu kedatangan Tim dari Seksi Konservasi Wilayah (SKW) I Pangkalan Kerinci untuk mengevakuasi buaya tersebut.

Setelah tim yang ditunggu tiba, buaya segera dievakuasi. Namun, dalam perjalanan kondisinya memburuk dan sesampainya di kantor Seksi Konservasi Wilayah I, buaya tersebut telah mati. Saat diperiksa, tidak ada tanda-tanda luka pada tubuh satwa. Tim kemudian langsung melakukan penguburan bangkai buaya tersebut.

Proses evakuasi dan penguburan bangkai buaya

 

#bersamakitabisa

#konservasitakmungkinsendiri

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini