BKSDA Kalimantan Selatan Menerima Penyerahan Satwa Liar Dilindungi Jenis Elang Hitam

Selasa, 01 Agustus 2017

Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kalimantan Selatan pada hari selasa 1 Agustus 2017 kembali menerima penyerahan 1 (satu) ekor satwa liar dilindungi undang – undang yaitu burung  Elang Hitam ( Ictinatus malaiensis ) dengan jenis kelamin jantan dari masyarakat melalui Bapak Bambang Karyanto aktivis pemerhati dan penyayang satwa liar dilindungi undang – undang wilayah Kalimantan Selatan.

Berdasarkan keterangan Pak Bambang Karyanto satwa tersebut telah dipelihara masyarakat selama 1 tahun dan umur saat ini diperkirakan sekitar 3 tahun. Sebagai salah seorang pemerhati satwa liar yang dilindungi Undang – Undang pak bambang memberi pemahaman dan pengertian kepada pemilik satwa untuk segera  menyerahkan satwa liar tersebut kepada negara.

Satwa diserahkan oleh pak Bambang Karyanto kepada BKSDA Kalimantan Selatan melalui Kepala SKW II Banjarbaru dengan terlebih dahulu di buatkan dan ditanda tangani berita acara penyerahan satwa liar di lindungi Undang-Undang. Satwa dalam kondisi sehat dan saat ini berada dalam kandang transit satwa SKW II Banjarbaru BKSDA Kalimantan untuk perawatan lebih lanjut sebelum dilepasliarkan ke habitatnya.

Kepala Balai KSDA Kalimantan Selatan melalui Kepala SKW II Banjarbaru menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada Bapak Bambang Karyanto selaku aktivis pemerhati dan penyayang satwa liar dilindungi wilayah Kalsel yang peduli terhadap upaya pelestarian potensi fauna yang ada di wilayah Kalimantan Selatan dengan memberikan pemahaman kepada pemilik satwa untuk tidak memelihara satwa liar yang dilindungi undang – undang.

Kepada warga masyarakat, Kepala Balai KSDA Kalimantan Selatan mengajak dan menghimbau agar  tidak memelihara satwa liar yang dilindungi undang – undang karena hal  tersebut merupakan pelanggaran tindak pidana bidang kehutanan dan akan lebik baik dan bijaksana membiarkan satwa liar tesebut hidup bebas dan berkembang biak di alamnya.

Sumber: BKSDA Kalimantan Selatan

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 4.5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini