Menyambut HKAN 2017 Taman Nasional Bunaken Melakukan Program Transplantasi Karang

Selasa, 01 Agustus 2017

Popareng, 1 Agustus 2017. Balai Taman Nasional Bunaken dibantu kelompok masyarakat Cahaya Tatapaan melaksanakan kegiatan rehabilitasi karang di perairan Desa Popareng. Pelepasan dan penanaman karang buatan dilaksanakan di lokasi zona tradisional Taman Nasional Bunaken yang dikelola oleh kelompok masyarakat Cahaya Tatapaan sebagai area tabungan ikan. Sehingga lokasi ini dipilih sebagai area rehabilitasi karang karena sesuai dengan kondisi lingkungan dan kebutuhan masyarakat setempat. Kegiatan ini bertujuan untuk mempertahankan ekosistem terumbu karang dan juga membuat rumah-rumah ikan.

Kurang lebih 500 bibit karang dari berbagai jenis di tanam dalam kegiatan ini. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, kelestarian ekosistem terumbu karang tetap terjaga, yang diharapkan akan berdampak pada peningkatan jumlah ikan dan juga pengembangan pariwisata menyelam dan menanam karang di Desa Popareng, Kabupaten Minahasa Selatan.

Diharapkan kedepannya, selain berdampak pada pemulihan lingkungan ekosistem terumbu karang juga akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat sekitar lokasi transplantasi karang dengan bertambahnya jumlah ikan dan juga adanya aktivitas wisata menyelam di Desa Popareng. Nikolas Loli selaku Kepala Sub Bagian Tata Usaha pada Balai TN Bunaken menyatakan harapannya bahwa pengembangan pemanfaatan Zona Tradisional dalam kawasan Taman Nasional Bunaken seperti yang dilaksanakan oleh Kelompok Masyarakat Cahaya Tatapaan dapat menjadi Role Model bagi desa-desa dalam kawasan Taman Nasional Bunaken khususnya.

Sumber: Yuyun Saepul Uyun PEH pada Balai TN Bunaken

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini