Seorang Pendaki Asal Jakarta Hilang di Gunung Rinjani

Selasa, 01 Agustus 2017

Jakarta, 1 Agustus 2017 - Kejadian adanya pengunjung yang hilang diterima oleh petugas Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) Resort Sembalun pada hari Minggu (30/07) sekitar pukul. 18.00 Wita. Laporan yang berasal dari petugas Polhut BTNGR, L. Wira Jaya yang sedang melaksanakan tugas pemantauan pengunjung di Pelawangan  Sembalun. Laporan tersebut diterima oleh Kepala Resort Sembalun,Zainuddin. Kemudian Tim Evakuasi dipersilahkan dan berangkat menuju lokasi sekitar pukul 20.00 Wita dengan jumlah petugas 10 orang. Tim  tiba dilokasi pada hari Senin 31 Juli 2017 sekitar pkl. 14.00 WITA.

Informasi yang berhasil dikumpulkan oleh Tim Evakuasi dari rekan-rekan korban, bahwa mereka merupakan pengunjung group yang berjumlah 28 orang berasal dari Jakarta dan masuk melakukan pendakian melalui Sembalun pada hari Jumat (28/7). Rombongan tersebut pada hari pertama bermalam di Pos 3 dan kemudian pada hari Sabtu pagi (29/7) menuju Pelawangan Sembalun dan bermalam. Pada hari Minggu dini hari (30/7)Sekitar pukul 02.00 WITA rombongan muncak/summits dan kembali ke pelawangan sembalun pada pukul 09.00 WITA. Pada saat track turun di letter "S" korban izin kepada temannya untuk buang air besar. Barang-barang korban berupa HP, tas dan dompet dititipkan pada rekan korban. Korban yang bernama Siti Mariam (p)/29 th. Alamat Cakung Jakarta Timur setelah 1 jam tidak juga kembali dari buang  hajatnya. Sehingga rekan korban mencari namun tidak ditemukan. Kemudian dilakukan pencarian oleh rekan-rekan korban lain namun tidak ditemukan. Pada saat melakukan pendakian tersebut, korban mengenakan pakaian warna merah marun, sweater abu-abu bertuliskan backpacker Jakarta, jilbab warna pink.

Informasi terakhir, Tim Evakuasi menemukan jejak dilokasi dimana terakhir kali korban izin untuk buang hajat. Berdasarkan jejak kaki diperkirakan korban jatuh dan dari baju yang terlihat korban jatuh ke jurang dengan kedalaman sekitar 100 meter lebih. Karena kondisi cuaca, Tim akan kembali melakukan pencarian dengan membawa peralatan untuk evakuasi.

Saat ini 25 orang rekan korban sudah turun menuju Sembalun dan 2 orang termasuk pelapor juga sudah berada di Sembalun.

Sumber: Balai TN Gunung Rinjani

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini