Pelepas Liaran Satwa Liar Dilindungi Jenis Kukang dan Trenggiling

Senin, 06 Desember 2021

Padang, 06 Desember 2021 - Hallo Dunsanak Konservasi! Pekan lalu, tepatnya pada hari Jumat tanggal 3/12/21 pukul 17.45 WIB, dua ekor satwa liar dilindungi yakni Kukang (Nycticebus coucang) berjenis kelamin jantan dan Trenggiling (Manis javanica) berjenis kelamin betina dilepasliarkan di sekitar Hutan Biologi Universitas Andalas. Hutan ini merupakan koridor yang terhubung dengan Kawasan Hutan Konservasi Suaka Margasatwa Barisan.

Satwa tersebut dilepasliarkan setelah mendapatkan hasil observasi petugas Balai KSDA Sumatera Barat yang memastikan satwa dalam keadaan sehat, tidak terdapat luka, dan masih memiliki sifat liar sehingga satwa tersebut dapat beradaptasi pada habitat yang baru. Pelepasliaran satwa dilakukan oleh BKSDA Sumatera Barat melalui Resort Konservasi Wilayah Padang yang disaksikan dan di dampingi langsung oleh pihak staff (Adrean) serta Mahasiswa Unand yg sedang melakukan praktek lapangan di sekitar lokasi pelepasan.

Populasi kukang dan trenggiling ini mengalami penurunan tajam yang disebabkan oleh perburuan secara liar untuk diperdagangkan, baik sebagai hewan peliharaan eksotis, dan terkadang digunakan untuk obat tradisional. Populasi yang tersisa memiliki kepadatan yang rendah, dan kehilangan habitat merupakan ancaman besar bagi kelestarian satwa.  Sebagaimana kita ketahui, menurut P.106/MENLHK/SETJEN/KUM.1/12/2018 satwa Kukang dan Trenggiling merupakan hewan yang dilindungi dengan status Kritis (Critically Endangered) berdasarkan IUCN (International Union for Conservation of Nature).

Sekali satwa punah dari muka bumi, maka dunia akan menjadi tempat yang sepi dan tidak ramah lagi bagi manusia.  So, kita harus mulai berpikir bahwa masa depan yang berkelanjutan adalah keniscayaan, sudah waktunya kita berubah. Yuk berikan kesempatan kepada satwa untuk berkembang biak dan bisa kembali hidup di alamnya agar kesimbangan ekosistem dapat tercapai.

Mencintai bukan berarti harus memiliki, biarkan satwa liar hidup bebas di alam liar demi masa depan anak cucu kita. Setiap mahluk yang diciptakan pasti ada manfaatnya untuk alam ini.  Yuk sama sama berpegangan tangan jaga kehidupan mereka !!

 

Sumber : Balai KSDA Sumatera Barat

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini