Musim Kemarau Datang, TN Tesso Nilo Siagakan Posko Satgas Dalkarhut

Senin, 24 Juli 2017

Pangkalan kerinci, Juli 2017. Balai TN. Tesso Nilo sangat berkomitmen untuk mengatasi dan menghentikan kejadian kebakaran hutan dan lahan tahun ini. Bentuk komitmen dan keseriusan tersebut dilakukan dengan membentuk dan menyiagakan posko Satgas Dalkarhut TNTN. Posko mulai disiagakan awal musim kemarau 2017  tepatnya semenjak 3 Juli 2017 dan dipimpin langsung oleh Ka Balai TNTN Bpk. Supartono S.Hut, MP, komandan lapangan Ka SPW I LKB, Bpk taufiq Haryadi S.P dan Ka SPW II Baserah Bpk. M. Ibram A. C .S.Hut, MsC.

Posko ini berfungsi sebagai pusat informasi awal dan pengendalian kebaran hutan di kawasan TNTN dan sekitarnya. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan diantaranya adalah:

  1. Update data hotspot (dari pantauan satelit dan patroli udara BPBD Provinsi riau), pemetaan dan pelaporan
  2. Patroli pencegahan kebakaran hutan serta penyuluhan langsung kepada masyarakat
  3. Pengecekan hotspot
  4. Pemadaman karhutla

Untuk mengefektifkan fungsi dan tugas, posko satgas dalkarhut TNTN melakukan peningkatan koordinasi dengan instansi lainnya (TNI, Polri, BPBD, Manggala Agni, MPA, Desa, dan Mitra perusahaan sekitar kawasan). Kegiatan koordinasi dilakukan untuk memperkuat jejaring sehingga apabila terjadi kebakaran dapat ditangani bersama sehingga dapat segera dipadamkan.

Dengan semua persiapan yang dilakukan baik di lapangan dan posko informasi serta koordinasi yang dilakukan akan dapat meminimalisir atau bahkan menghentikan kejadian karhutla khususnya di kawasan TNTN dan umumnya di kabupaten Pelalawan dan provinsi Riau.

Sumber Info : Balai TN Tesso Nilo

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini