Aksi Heroik Anak Dusun Parit Minyak Lepasliar Buaya Sinyulong

Rabu, 17 November 2021

Buaya Sinyulong yang dilepasliarkan anak Dusun Parit Minyak

Labura, 17 November 2021. Sempat viral, aksi heroik anak-anak di Dusun III Parit Minyak, Desa Aek Korsik, Kecamatan Aek Kuo, saat melepaskan 1 (satu) individu Buaya Sinyulong atau buaya ikan dari ikatan dan melepasliarkannya kembali ke sungai parit minyak, sekitar tanggal 6 November 2021 yang lalu.

Menyikapinya, Kepala Seksi Konservasi Wilayah III Kisaran Balai Besar KSDA Sumatera Utara, Alfianto Luat Siregar, S.Hut., M.T., M.PP., berkoordinasi dengan Kepala Dusun Parit Minyak dan Camat Aek Kuo. Hasil konfirmasi dari kedua pejabat tersebut diketahui bahwa saat kejadian sungai parit minyak sedang meluap karena musim penghujan, dan buaya tersebut naik ke permukiman penduduk. Kejadian buaya memasuki permukiman penduduk sebenarnya kerap terjadi disaat musim penghujan.

Lalu warga di sekitar dusun menangkap buaya yang sedang berkeliaran di permukiman. Buaya tersebut sempat diikat, namun anak-anak yang melihatnya merasa iba dan selanjutnya melepasliarkan kembali ke sungai parit minyak. Tradisi menangkap buaya yang masuk permukiman dan kemudian melepaskannya ke sungai menjadi hal yang biasa terjadi di Dusun III Parit Minyak, Desa Aek Korsik, Kecamatan Aek Kuo.

“Sejauh ini belum ada kejadian atau peristiwa buaya yang mati terbunuh di Dusun III Parit Minyak. Warga sudah tahu bahwa buaya jenis itu termasuk hewan yang dilindungi,” ujar Subur Sagala, Camat Aek Kuo.

Diakhir koordinasinya, Kepala Seksi Konservasi Wilayah III Kisaran, Alfianto, menghimbau agar warga tetap waspada dan mencegah terjadinya konflik. Hindari aktifitas yang membahayakan warga dan juga mengancam keselamatan buaya. Dan bila terjadi konflik segera melaporkannya kepada Balai Besar KSDA Sumatera Utara melalui Bidang KSDA Wilayah II Pematangsiantar dan Seksi Konservasi Wilayah III Kisaran atau instansi terkait lainnya.

Sumber : Evansus Renandi Manalu - Analis Data Balai Besar KSDA Sumatera Utara

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini