BBKSDA Jabar Menyiapkan Sumber Daya Manusia Pengendali Drone

Sabtu, 22 Juli 2017

Bandung, 22 Juli 2017. Drone adalah pesawat tanpa awak (Unmanned Aerival Vehicle/UAV) yaitu mesin terbang yang dikendalikan dari jarak jauh oleh pilot atau dapat mengendalikan dirinya sendiri. Dahulu mungkin orang mengenal drone atau pesawat tanpa awak digunakan oleh militer untuk memata-matai musuh di daerah konflik. Tapi kini Drone non militer menjadi hobi baru, penggunanya juga sangat beragam mulai dari anak sekolah hingga profesional.

Penggunaan drone saat ini sedang nge-trend terutama dalam keperluan jurnalistik dan fotografi, antara lain untuk memotret, merekam video dan pengumpulan data. Ini dikarenakan drone mempunyai kelebihan dalam kemampuan mengambil gambar yaitu mampu mengambil foto atau merekam video dari ketinggian sehingga mampu menghasilkan gambar yang lebih indah dengan sudut pandang yang sulit dijangkau.

Melihat perkembangan dan kelebihan teknologi ini, Balai Besar KSDA Jawa Barat pun tertarik untuk ikut memanfaatkannya. Dengan 50 Unit Kawasan Konservasi (KK) yang dikelola dan dengan keterbatasan jumlah SDM di lapangan, maka untuk membantu tugas pengelolaan KK tersebut tentunya sangatlah membutuhkan sentuhan-sentuhan teknologi, antara lain untuk melakukan identifikasi areal gangguan kawasan (perambahan, penebangan liar, kebakaran hutan), informasi spasial kawasan, dokumentasi potensi Obyek Daya Tarik Wisata (ODTW); fungsi drone sangatlah sesuai.

Sedikitnya 20 petugas Seksi Konservasi Wilayah lingkup BBKSDA Jawa Barat pada tanggal 22 Juli 2017 telah dibekali pelatihan dalam penggunaan drone, dengan materi antara lain : pengenalan bagian-bagian dari drone dan fungsinya, cara menerbangkan drone dan cara pengambilan foto atau video dengan drone.

Pelatihan ini dilaksanakan di 2 (dua) tempat, yaitu : untuk teori di kantor BBKSDA Jabar dan untuk praktek di lapangan upacara BBKSDA Jabar serta pelataran lapangan sepakbola Gelora Bandung Lautan Api.  

BBKSDA Jabar, saat ini telah memiliki 4 (empat) unit drone yang akan didistribusikan ke Bidang KSDA Wilayah lingkup BBKSDA Jabar dan 1 (satu) unit ditempatkan di kantor BBKSDA Jabar untuk back-up.  

Dengan pelatihan ini diharapkan pengelolaan KK lingkup BBKSDA Jabar dapat lebih ditingkatkan baik dari aspek perlindungan maupun identifikasi potensi KK sebagai bahan publikasi.

Sumber Info : Balai Besar KSDA Jawa Barat

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

fauzan fakhrullah
Maaf pak, ada <a href="http://www.pengertians.xyz/">pelatihan</a> buat umu tidak?