Tindak Lanjut Mitigasi Konflik Harimau Sumatera Di Kecamatan Gaung

Selasa, 09 November 2021

Pekanbaru, 9 November 2021  - Resort Kerumutan Selatan (Pekan Heran) Balai Besar KSDA Riau, Manager Distrik dan RPK PT. MKS serta Babinsa Kec. Gaung menindaklanjuti mitigasi konflik satwa liar harimau sumatera di Desa Teluk Kabung, Kec. Gaung, Kab. Indragiri Hilir pada tanggal 3 s/d 4 November 2021.

Briefing dan evaluasi dilakukan bersama untuk tindak lanjut penanganan konflik satwa liar harimau sumatera. Dalam diskusi tersebut disepakati untuk melakukan identifikasi individu satwa harimau sumatera yang diduga menyerang korban inisial MS dengan pemasangan camera trap, melakukan sosialisasi terhadap tenaga kerja di lapangan, meningkatkan patroli dan pengawasan di titik-titik perlintasan, serta memantau pergerakan satwa Harimau Sumatera.  

Balai Besar KSDA Riau juga menyampaikan kepada pihak perusahaan untuk melakukan monitoring dan inventarisasi satwa liar sebelum melakukan penebangan di lokasi yang akan dipanen. Dan tetap rutin melakukan operasi jerat di kawasan konsesinya.

Camera trap sebanyak 3 unit di lokasi yang dipasang sebelumnya dipantau bersama pihak perusahaan dan dilakukan penambahan camera trap baru. Selain itu, Balai Besar KSDA Riau juga melakukan sosialisasi dan menggali informasi terhadap masyarakat yang sedang mencari ikan di sekitar lokasi PT. MSK. Tim menghimbau kepada masyarakat nelayan  agar tidak menjerat dan melakukan tindakan anarkis terhadap satwa harimau sumatera tersebut yang merupakan satwa dilindungi oleh UU.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini