Asah Pengelolaan Jasa Wisata Alam di TWA Buluh Cina

Selasa, 09 November 2021

Pekanbaru, 9 November 2021 - Balai Besar KSDA Riau Bidang KSDA Wilayah I melakukan kegiatan pelatihan pengelolaan jasa wisata alam di Taman Wisata Alam (TWA) Buluh Cina, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar yang dilaksanakan pada tanggal 3 s/d 4 November 2021. Pelatihan yang dilakukan berupa manajemen kelompok dan pengembangan produk/paket wisata, dan  pelatihan kepemanduan, homestay, kuliner dan cinderamata.

Dari hasil kegiatan yang dilakukan selama 2 (dua) hari, para peserta merasakan manfaat pelatihan yang diberikan oleh Balai Besar KSDA Riau melalui narasumber yang diundang untuk memberikan pelatihan. Setelah difasilitasi oleh narasumber, masing-masing kelompok memiliki gambaran/rencana tindak lanjut yang akan dilakukan dalam beberapa bulan ke depan untuk mencapai tujuan yang diinginkan oleh masing masing kelompok.  Kelompok Sadar Wisata Negeri Enam Tanjung akan mencoba mengembangkan beberapa hal, yaitu fun bike, sarana swafoto, dan jalur tracking. Sementara Kelompok Tani Hutan Wanita Melati Indah akan mencoba untuk mengembangkan kuliner khas Buluh Cina serta cinderamata.

Balai Besar KSDA Riau berharap pelatihan dapat bermanfaat untuk pengembangan ekonomi masyarakat sekitar kawasan dan dapat menguatkan fungsi dari kawasan konservasi.

Sumber: Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini