BKSDA Sumbar Penanganan Konflik Satwa Beruang Madu Bersama Tim Patroli PAGARI

Selasa, 02 November 2021

Padang, 2 November 2021. Balai Konservasi Sumber Daya Alam Sumatera Barat (BKSDA Sumbar) melalui Resort Agam telah melaksanakan penanganan konflik satwa Beruang Madu (Helarctos malayanus) di Jorong Sungai Taleh dan Jorong Talao, Nagari Baringin, Kecamatan Palembayan pada hari Senin (01/11/2021) bersama Tim Patroli Anak Nagari (PAGARI) Baringin yang baru saja terbentuk. Penanganan dilakukan setelah adanya laporan masyarakat atas kemunculan satwa beruang madu di sekitar pemukiman dan kebun milik warga setempat.

Tim Patroli Anak Nagari (PAGARI) yang baru saja terbentuk selanjutnya melaksanakan penanganan awal dengan melakukan wawancara dan identifikasi lapangan terhadap laporan tersebut. Mengingat semakin tingginya intensitas kemunculan satwa dalam sebulan terakhir, dan beberapa kali sempat berinteraksi  dengan warga terutama anak sekolah, Tim PAGARI berkoordinasi dengan Resort KSDA Agam untuk penanganan lebih lanjut terhadap kemunculan satwa ini.

Kepala BKSDA Sumatera Barat, Ardi Andono menyatakan telah menurunkan tim dari Resort Agam untuk penanganan konflik satwa tersebut. "Tim terlebih utama akan berupaya melakukan identifikasi lapangan untuk mendapatkan kemungkinan  arah pergerakan satwa, kemudian akan  melakukan penghalauan penggiringan satwa agar masuk kembali ke dalam kawasan hutan terdekat. Tidak tertutup opsi lain dilakukan translokasi satwa sebagai langkah akhir dalam penanganan" sebut Ardi Andono.

Sementara itu Ketua Tim PAGARI Baringin, Roby Arlin menyebutkan, masyarakat beberapa kali melihat satwa itu dekat pemukiman, sehingga sempat menimbulkan kerugian bagi masyarakat. Beberapa tanaman warga seperti durian, nangka dan tebu dirusak dan dimakan oleh satwa dilindungi itu. Dugaan sementara, satwa beruang muncul di pemukiman warga karena melintas untuk mencari makan. BKSDA Sumbar bersama tim PAGARI akan melaksanakan penanganan satwa ini dalam beberapa hari ke depan. Kepada warga telah dihimbau untuk selalu waspada dan berhati-hati dalam beraktifitas.

Sumber : Balai KSDA Sumatera Barat

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini