Road To HCPSN 2021, Balai Besar KSDA Sumatera Utara Lepasliar Trenggiling

Senin, 01 November 2021

Induk dan anak Trenggiling menuju kawasan setelah dilepasliarkan

Sibolangit, 1 Nopember 2021. Minggu pagi, 31 Oktober 2021, sekitar pukul 11.40 Wib, menjadi hari yang istimewa bagi induk dan anak Trenggiling (Manis javanica), karena keduanya menikmati kebebasan saat dilepasliarkan petugas Balai Besar KSDA Sumatera Utara di habitatnya di kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Sibolangit.

Sebelumnya, kedua satwa liar dilindungi ini diserahkan oleh warga kepada lembaga konservasi binaan Balai Besar KSDA Sumatera Utara, Medan Zoo (Taman Margasatwa Medan) pada Sabtu 30 Oktober 2021. Kemudian pihak pengelola Medan Zoo  menginformasikannya ke Balai Besar KSDA Sumatera Utara.

Pada Minggu 31 Oktober 2021, petugas Balai Besar KSDA Sumatera Utara menuju Medan Zoo untuk mengevakuasi trenggiling di maksud. Serah terima pun dilakukan dan satwa diterima langsung  Kepala Seksi Perencanaan, Perlindungan dan Pengawetan Amenson Girsang, SP. Tidak menunggu waktu lama, kedua trenggiling kemudian dibawa petugas ke TWA. Sibolangit untuk dilepasliarkan.

Petugas Resort TWA Sibolangit saat mengeluarkan Trenggiling dari kandang untuk dilepasliarkan

Pelepasliaran Trenggiling ini tentunya menjadi momen spesial dalam rangka road to HCPSN (Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional) Tahun 2021, yang biasanya setiap tahun diperingati pada tanggal 5 November. Melalui momen ini masyarakat diajak untuk ikut peduli melindungi dan menjaga kelestarian satwa liar.

Partisipasi aktif masyarakat  dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satu diantaranya adalah dengan menginformasikan atau  menyerahkan satwa liar kepada petugas Balai Besar KSDA Sumatera Utara untuk dilepasliarkan ke habitatnya. Melalui peran serta warga ini diharapkan keberlangsungan hidup dan populasi dari satwa liar dapat terus terjaga/lestari.

Sumber : Samuel Siahaan, SP. - PEH Balai Besar KSDA Sumatera Utara

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini