Pelatihan Menembak Polhut TN Matalawa

Senin, 01 November 2021

Waikabubak, 1 November 2021 - Dalam upaya mengasah keterampilan dan disiplin Polisi Kehutanan (Polhut) dalam melaksanakan tugas di lapangan, Balai Taman Nasional Manupeu Tanah Daru dan Laiwangi Wanggameti (Matalawa) menyelenggarakan pelatihan menembak bagi seluruh Polhut. Kegiatan ini berlangsung tanggal 28 Oktober 2021 di Lapangan Bondosula, Kabupaten Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur. Kepolisian Resort Sumba Barat menjadi mitra pelaksanaan kegiatan dengan menyiapkan instruktur serta persenjataan lengkap dengan amunisinya.

Kepala Balai TN Matalawa, Ir. Memen Suparman, M.M., memimpin apel dan memberikan arahan penegasan tentang disiplin dalam menjalankan tugas sebagai Polhut dan lebih mengedepankan pendekatan humanis. Penggunaan senjata merupakan jalan terakhir apabila petugas mendapatkan ancaman yang membahayakan keselamatan.

Pembukaan pelatihan menembak dipimpin langsung oleh Kepala Kepolisian Resort Sumba Barat, AKBP F.X. Irwan Arianto, S.I.K, M.H., mengungkapkan bahwa Polhut sebagai mitra kerja Polri harus saling bersinergi demi negara. Pelatihan ini sangat berguna untuk melatih kepekaan dan keterampilan Polhut dalam menggunakan senjata api. Pelatihan menembak ini diawasi langsung oleh instruktur dari Polres dan Satuan Brimob Sumba Barat. Latihan tembak menggunakan sistem tembak reaksi yakni menembak mulai dari posisi berdiri, duduk, dan tengkurap. Masing-masing petugas diberikan kesempatan menembak sebanyak 27 peluru dengan rincian 10 peluru menggunakan senjata revolver dan 17 peluru menggunakan senjata laras panjang. Selain Polhut, pejabat struktural Balai TN Matalawa dan beberapa komandan satuan Polres turut serta melakukan latihan tembak.

Kapolres Sumba Barat yang turut mendampingi dari awal hingga akhir kegiatan sangat mengapresiasi kesungguhan para petugas dalam berlatih. Ia berharap bahwa latihan ini dapat rutin dilakukan, tak hanya untuk melatih keterampilan, tapi juga mempererat korps Polhut dan Polri. Kapolres juga memberikan apresiasi hadiah dan sertifikat kepada petugas yang berhasil memperoleh nilai tertinggi dalam latihan.

 

 

Sumber : Balai TN Matalawa

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini