Resort Bukit Rimbang Balai Besar KSDA Riau Lepasliarkan Ular Sanca

Jumat, 29 Oktober 2021

Pekanbaru, 28 Oktober 2021 - Tim Resort Bukit Rimbang Balai Besar KSDA Riau yang dipimpin Kepala Resort, AR Azmi bersama Animal Rescue melakukan pelepasliaran ular jenis sanca (Phyton reticulatus), Rabu (27/10). Ular sanca sebelumnya telah dievakuasi dari Desa Kelelawar, Kec. Hulu Kuantan, Kab. Kuantan  Singingi.

Proses evakuasi berawal pada Senin (25/10), saat warga Desa Sungai Kelelawar mengamankan seekor ular sanca yang masuk ke kandang ternak warga. Setelah ular diamankan, warga kemudian melaporkan temuan tersebut ke Tim Animal Rescue Indonesia cabang Kota Jalur Taluk Kuantan di Desa Seberang Pantai, Kec. Kuantan Mudik. Tim Animal Rescue kemudian menghubungi pihak Balai Besar KSDA Riau untuk penanganan lebih lanjut.

Tim Balai Besar KSDA Riau kemudian bergabung dengan Tim Animal Rescue untuk menerima penyerahan ular tersebut setelah berkoordinasi dengan Sekdes Desa Sungai Kelelawar.  Dari hasil pemeriksaan dan proses identifikasi diketahui satwa ular dengan jenis sanca (Phyton reticulatus) berjenis kelamin betina, berumur sekitar  5 tahun dengan panjang 6 meter, kondisi sehat, lincah, agresif, dan tidak ditemukan luka ataupun cacat fisik. Balai Besar KSDA Riau mengapresiasi upaya Sekdes Desa Sungai Kelelawar dan warganya dalam mengamankan satwa ular, tak lupa tim juga memberikan sosialisasi terkait upaya penanganan konflik satwa liar.

Mengingat kondisi satwa masih sangat baik dan liar, Tim gabungan segera melepasliarkan satwa ke sebuah kawasan konservasi yang merupakan habitatnya.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini