Gajah Liar Sakit Masuk ke Kebun Warga

Selasa, 26 Oktober 2021

Pekanbaru, 26 Oktober 2021 - Seksi Konservasi Wilayah I, Pangkalan Kerinci Balai Besar KSDA Riau menerima laporan dari anggota Intel Kodim 0302 Indragiri Hulu, bahwa ada seekor satwa gajah liar  memasuki perkebunan sawit masyarakat dalam kondisi sakit di sekitar kawasan Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN) di Desa Pontian Mekar (SP 4), Kec. Lubuk Batu Jaya,  Kab. Indragiri Hulu, Kamis (21/10). Tim Resort Kerumutan Selatan segera diturunkan untuk melakukan pengecekan dan mitigasi.

Tim berkoordinasi dengan Kades Pontian Mekar serta masyarakat, Jumat (22/10) dan diperoleh keterangan bahwa ditemukan seekor satwa gajah liar dewasa dengan jenis kelamin betina yang sedang berjalan dalam kondisi lemas dan kurus di kebun sawit masyarakat.

Pengamatan juga dilakukan di sekitar lokasi dan dijumpai 4 batang pohon sawit yang dimakan gajah liar, namun batang dan pelepah sawit yang dimakan dimuntahkan kembali. Hasil dari investigasi lapangan dilaporkan dan dilakukan sosialisasi kepada masyarakat agar tidak melakukan tindakan anarkis terhadap satwa liar yang dilindungi termasuk satwa gajah sumatera.

Plt. Kepala Balai Besar KSDA Riau, Ibu Fifin Arfiana mengirim Tim medis untuk turun melakukan tindakan medis dan berkoordinasi dengan Balai TNTN. Saat ini, gajah liar yang sakit dijaga dan dipantau oleh tim medis Balai Besar KSDA Riau dan Balai TNTN.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini