Penanganan Konflik Beruang Madu Di Kecamatan Langgam

Selasa, 12 Oktober 2021

Pekanbaru, 12 Oktober 2021 - Tim Rescue Seksi Konservasi Wilayah I Balai Besar KSDA Riau menindaklanjuti laporan adanya konflik satwa liar Beruang Madu di Desa Penarikan, Kecamatan Langgam, Kabupaten Pelalawan pada tanggal 8-9 Oktober 2021.

Sebelumnya, Tim  telah berkoordinasi dengan Kepala Desa Penarikan terkait gangguan satwa liar jenis beruang madu yang telah merusak kotak budidaya lebah madu milik Bapak Amri Bahari di areal kebun sawit. Selanjutnya dilakukan pengecekan dan memeriksa lokasi kejadian dan berdasarkan identifikasi lokasi ditemukan jejak dan kerusakan pada kotak lebah madu. Tim menganalisa kerusakan tersebut diakibatkan adanya aktivitas satwa beruang madu.

Sosialisasi dilakukan pada masyarakat yang menjaga kotak-kotak lebah milik Pak Amri dengan memberikan pengarahan di lokasi tempat penyimpanan lebah agar segera dilakukan pemagaran menggunakan atap seng dengan posisi alur seng berdiri dan rapat agar satwa  tidak dapat memanjat atau masuk ke lahan penyimpanan kotak lebah madu tersebut. Tim juga meminta warga agar tidak bertindak anarkis terhadap satwa beruang madu karena satwa tersebut masuk dalam daftar satwa dilindungi dan untuk selalu berkoordinasi dengan pihak  Balai Besar KSDA Riau dalam penanganan konflik satwa yang dilindungi.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini