Mahasiswa Unimed Sambangi TWA Sibolangit, di Road To Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024

Rabu, 05 Juni 2024 BBKSDA Sumatera Utara

Pengamatan tumbuhan di kawasan TWA Sibolangit

Sibolangit, 5 Juni 2024. Sekitar 107 orang mahasiswa/mahasiswi Universitas Negeri Medan (Unimed), Selasa (4/6) beserta dengan dosen pendamping menyambangi kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Sibolangit dalam rangka kegiatan edukasi (belajar) potensi tumbuhan yang ada di kawasan. Sebelum menjelajahi kawasan, Kepala Resort CA./TWA. Sibolangit menyampaikan selamat datang kepada rombongan serta memperkenalkan sekilas tentang kawasan TWA. Sibolangit.

Usai penyambutan dan perkenalan kawasan, dengan dipandu oleh petugas Resort TWA. Sibolangit, mahasiswa/i memasuki kawasan dan melakukan inventarisasi serta identifikasi potensi tumbuhan dan tanaman yang ada di dalam kawasan, mulai dari tumbuhan lumut, jamur, tanaman obat-obatan, bunga bangkai sampai kepada tumbuhan pepohonan. Beberapa satwa dan hewan juga tak luput dari pengamatan. Semua yang didapatkan tidak hanya sekedar dicatat, tetapi juga didokumentasikan dengan menggunakan kamera handphone. Terhadap beberapa potensi yang tidak dimengerti/dipahami, peserta bertanya kepada pemandu untuk mendapatkan penjelasan dan pencerahan. Selanjutnya, data-data dan informasi yang diperoleh serta dikumpulkan tersebut nantinya akan diolah dalam bentuk tulisan serta laporan.

 

Petugas dari The Centre For Orang Utan Protection (COP) sedang memberi penjelasan tentang Orangutan

Istimewanya, dalam acara kunjungan mahasiswa/i Unimed ini, juga tampak hadir lembaga mitra dari The Centre For Orang Utan Protection (COP) yang menggelar stand pameran juga dalam rangka mensosialisasikan serta mengedukasi  mahasiswa tentang pengenalan salah satu satwa kunci endemik Sumatera Utara, yaitu orangutan, dimana Sumatera Utara memilki 2 jenis orangutan, Orangutan Sumatera (Pongo abelii) dan Orangutan Tapanuli (Pongo tapanuliensis). Tidak sedikit dari mahasiswa yang menggali informasi tentang orangutan dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan kepada petugas dari  The Centre For Orang Utan Protection (COP). Semua pertanyaan dilayani dengan baik dan mahasiswa juga mendapatkan informasi tambahan dari buku-buku, brosur maupun stiker yang telah disiapkan sebelumnya.

Pada saat yang bersamaan, hadir pula Tim dari Direktorat Pemanfaatan Jasa Lingkungan Kawasan Konservasi, Salbiah Hanum Hasibuan S.Hut., M.Si. dan Ginanjar Cipto Prasetyo, S.TI., yang sedang melakukan kegiatan Bimbingan Teknis Promosi dan Pengelolaan Media Sosial di Balai Besar KSDA Sumatera Utara, yang berbaur dengan peserta guna menggali informasi dan masukan sekaligus promosi tentang pengenalan kawasan wisata alam baik taman nasional maupun taman wisata alam, khususnya yang ada di Provinsi Sumatera Utara, dan juga mempromosikan berbagai media sosial yang dikelola oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melalui Direktorat Jenderal KSDAE. 

 

Tim dari Direktorat Pemanfaatan Jasa Lingkungan Kawasan Konservasi berbaur dengan mahasiswa/mahasiswi sekaligus melakukan peliputan

Seluruh rangkaian kegiatan kunjungan edukasi dan pembelajaran mahasiswa/i Universitas Negeri Medan di pusat pembelajaran konservasi alam TWA Sibolangit juga merupakan rangkaian dari road to Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2024, yang diperingati setiap tahun pada tanggal 5 Juni. Semoga berbagai ilmu dan pengetahuan yang didapatkan bermanfaat dan dapat diaplikasikan/diterapkan dalam kehidupan sehari-hari untuk menjaga lingkungan hidup dan melestarikan alam.

Sumber : Suparman, SP. (Kepala Resort CA./TWA. Sibolangit) – Balai Besar KSDA Sumatera Utara


Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 3.7

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini