Kunjungan Kedua Kapal Wisata Coral Expedition di TN Taka Bonerate

Senin, 13 Mei 2024 BTN Taka Bonerate

P. Tinabo - Kepulauan Selayar, 29 April 2024. Coral Expedition berkunjung untuk kedua kalinya tahun ini tepatnya pada Senin silam (29/4), dengan rute trip yang sama yaitu ke Pulau Tinabo (Resort Tinabo) dan Pulau Rajuni Kecil (Resort Rajuni), Taman Nasional Taka Bonerate. Jumlah pengunjung terrdiri dari 88 orang yang terdiri dari beberapa negara meliputi Selandia Baru : 3 orang, UK : 2 orang, Belanda : 1 orang, USA : 1 orang dan sebagian besar dari Australia sebanyak 81 orang.

Kapal Wisata berbendera Australia ini berangkat dari Makassar dengan tujuan akhir Darwin Australia. Adapun trip wisata ini memadukan model wisata berbasis edukasi di Pulau Tinabo dan wisata berbasis masyarakat lokal di P. Rajuni. Sebelum melakukan aktivitas wisata para wisatawan diberikan penjelasan umum dari Danpos Resort Tinabo dan pemberian plakat TN Taka Bonerate ke Ketua Tim Rombongan. Aktifitas yang dilakukan selama di Pulau Tinabo diantaranya Penanaman Pohon, Transplantasi Karang, Pelepasan Penyu dari pemulihan kesehatan, Interaksi dengan Baby Shark, Snorkeling, disekitaran Perairan Pulau Tinabo. Selanjutnya mereka berkunjung ke Pulau Rajuni Kecil, di pulau ini diterima oleh Pemerintah Desa, Personil Resor Rajuni dan kelompok Model Desa Konservasi Tau Pulo dengan suguhan Tarian Tradisional.

Disela-sela acara penyambutan, ketua rombongan secara simbolis menyerahkan bingkisan berupa alat tulis ke anak-anak sekolah desa Rajuni. Guide wisatawan dibagi 2 sesuai dengan dusun, yaitu : dusun Bugis dan Bajo. Di Pulau Rajuni melihat proses pembuatan kapal Tradisional, proses pengolahan ikan basah menjadi kering (Ikan Asin) yang dilakukan oleh masyarakat lokal. Setelah melakukan kunjungan trip di P. Rajuni, para wisatawan kembali ke Kapal Pesiar dan meninggalkan Pulau Rajuni Taman Nasional Taka Bonerate dan bertolak untuk kunjungan wisata berikutnya, P. Komodo dan Kembali ke Darwin Australia.


Sumber: Asri - Humas Balai TN Taka Bonerate

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini