Road To HKAN 2023, Pelajar SMA AN Nizam Belajar Konservasi

Kamis, 10 Agustus 2023 BBKSDA Sumatera Utara

Medan, 10 Agustus 2023. Road To HKAN 2023 Balai Besar KSDA Sumatera Utara melakukan kunjungan ke  SMA AN Nizam di Medan, pada Sabtu 5 Agustus 2023. Kunjungan kali ini bagian dari rangkaian kegiatan menuju Hari Konservasi Alam Nasional 2023 guna mengedukasi dan menyebarluaskan informasi tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya kepada 79 generasi muda yang mengikuti kegiatan edukasi ini. 

Sebagaimana diketahui, bahwa Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) diperingati setiap tahun  pada tanggal 10 Agustus, hal ini  sesuai  Keputusan Presiden RI  No. 22 Tahun 2009. Tujuannya untuk  mengkampanyekan pentingnya konservasi alam bagi kesejahteraan masyarakat,  mengedukasi masyarakat dalam upaya menyelamatkan ekosistem alam, serta  menjadikan cinta alam dan lingkungan sebagai gaya hidup.  Untuk tahun 2023, peringatan HKAN  mengusung tema “ Jiwa yang Damai Dalam Harmoni Rimba Belantara”.

Berbagai kegiatan edukasi pun digelar, seperti : pemaparan materi, diskusi, pemutaran video dokumenter, dan kuis konservasi. Hadir dan sekaligus membuka kegiatan ini  Kepala Sekolah SMA AN Nizam Medan, Yudistira Avandi, S.Pd, M.Si., didampingi guru yang juga Kader Konservasi Alam binaan Balai Besar KSDA Sumatera Utara, Muhammad Umar Muchtar. Dalam sambutannya Yudistira Avandi mengajak anak didiknya sebagai generasi muda untuk peduli dengan alam dan lingkungan serta menerapkan  gaya/pola hidup  go green, ramah lingkungan, mengurangi penggunaan sampah plastik, dan hemat energi. 

Tim dari Balai Besar KSDA Sumatera Utara yang mengikuti kegiatan ini  dikoordinir oleh Kelompok Kerja (Pokja) Bina Cinta Alam, yaitu Samuel Siahaan, SP. bersama  Sri Rohana KE. Siahaan, SP., Irma Yanti Napolina Sigiro, S.Kom. dan Nurul. Selain itu  turut hadir juga Kepala Resort CA./TWA. Sibolangit Four Ledys Tio Iriani Aritonang, ST. yang mempromosikan keberadaan kawasan TWA Sibolangit sebagai Pusat Edukasi Konservasi dan Lingkungan (Ekoling) di Sumatera Utara dengan luas 24, 85 Ha. Diakhir promosinya Four Ledys Tio Iriani Aritonang, kembali  mengajak pihak sekolah beserta siswanya untuk berkunjung dan memanfaatkan kawasan TWA Sibolangit sebagai pusat edukasi konservasi alam yang mendukung kegiatan proses pembelajaran. 

Disela-sela kegiatan, dilakukan juga penyampaian link google form Kuesioner Kepuasan Pengunjung Terhadap Sarana Dan Prasarana TWA Sibolangit yang diperuntukkan bagi siswa/i yang pernah berkunjung ke TWA Sibolangit beberapa waktu lalu. Kegiatan edukasi menjadi meriah dan semarak tatkala memasuki sesi kuis konservasi untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan peserta tentang konservasi alam. Kuis ini menawarkan berbagai hadiah menarik. Dengan kegiatan edukasi singkat yang dilakukan oleh Tim Balai Besar KSDA Sumatera Utara, diharapkan menjadi titik awal dalam menumbuhkan kepedulian generasi muda akan konservasi alam dan lingkungan hidup.

Sumber : Samuel Siahaan, SP. (PEH Pertama) – Balai Besar KSDA Sumatera Utara


Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini