Road to HKAN : Belajar di Alam, Siswa SD Kaliurang Mengunjungi Tlogo Muncar

Kamis, 13 Juli 2023 BTN Gunung Merapi

Sleman, 12 Juli 2023 - "Apa kabar?" tanya guru pendamping. "Luar biasa, aku bahagia, engkau bahagia, semua bahagia, cup cup ah!" jawab puluhan siswa SD antusias.  Gema semangat anak-anak SDN Kaliurang 2 membahana di Obyek Wisata Alam (OWA) Tlogo Muncar Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM), pada Rabu pagi yang cerah.  Sekolah ini merupakan salah satu dari sekian sekolah yang dekat dengan kawasan konservasi TNGM. 

Sekitar 70 siswa kelas 1 s.d. 6 serta 14 guru mempelajari salah satu lingkungan sekitar sekolah mereka, yaitu kawasan hutan.  Tumbuh dan besar di Kaliurang, ternyata belum semua siswa pernah berkunjung ke OWA Tlogo Muncar yang hanya berjarak 1,6 km dari sekolah. Pada masa pengenalan lingkungan sekolah tahun ini, selain melakukan outbound bersama guru dan menikmati kesejukan air terjun Muncar, siswa juga memperoleh wawasan mengenai fungsi hutan yang disampaikan oleh para petugas TNGM.  

Siswa dikenalkan fungsi hutan sebagai kawasan resapan air, penyedia udara segar, kawasan pelestarian tumbuhan dan satwa liar serta menjadi tempat untuk belajar dan berwisata. Petugas mengenalkan burung Elang yang biasanya yang biasanya terbang ketika cuaca hangat. Elang termasuk burung pemangsa (Raptor) yang dilindungi. Ternyata siswa mengenal raptor ini yang sering terbang di atas sekolah maupun rumah mereka. Siswa juga mengenal dengan baik satwa Monyet Ekor Panjang (Macaca fascicularis).  

Dalam kesempatan ini, para siswa juga belajar menggunakan binokuler, kemudian berkeliling OWA Tlogo Muncar, serta mengenal TNGM melalui gambar di dinding Pusat Informasi dan melihat maket Plawangan Turgo. 

Belajar langsung di laboratorium alam yang besar ini, diharapkan kelak para siswa dapat turut menjaga kelestariannya.  Terlebih mereka memahami, bahwa hutan lereng selatan Gunung Merapi adalah wilayah hutan terdekat dengan tempat tinggal mereka.  Hal ini disampaikan Kepala Balai TNGM, Muhammad Wahyudi, dalam kesempatan terpisah. 

Kegiatan belajar di alam ini merupakan rangkaian kegiatan Road to HKAN 2023.  Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) 2023 dengan tema Hapungkal Himba Karingu atau Jiwa Yang Damai Dalam Harmoni Hutan Belantara. Puncak HKAN akan dilaksanakan di TWA Bukit Tangkiling Provinsi Kalimantan Tengah. 


Sumber : Balai TN Gunung Merapi

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini