TWA Sibolangit Nominasi Penilaian Desa Wisata

Selasa, 14 Maret 2023

Penyambutan Tim Penilai oleh Camat Sibolangit beserta tamu dan undangan lainnya

Sibolangit, 14 Maret 2023. Penilaian Desa Wisata Tingkat Kabupaten Deli Serdang digelar di Taman Wisata Alam Sibolangit, Rabu (8/3) oleh Tim Penilai. Penilaian ini turut dihadiri Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Serta Pariwisata Kabupaten Deli Serdang diwakili oleh Kepala Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Rahmi Khairani Nst, M.Psi.

Penilaian Desa Wisata yang merupakan program Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Serta Pariwisata Kabupaten Deli Serdang, khususnya untuk Desa Sibolangit dilakukan setelah sebelumnya pada tahun 2022 diusulkan oleh pihak Kecamatan Sibolangit. Ada 7 lokasi (objek) wisata unggulan yang diusulkan oleh pihak Kecamatan Sibolangit, diantaranya wisata religi Taman Merturia Sibolangit berupa monumen pekabar injil GBKP (Gereja Batak Karo Protestan) pertama kali, kemudian Taman Wisata Alam (TWA) Sibolangit, Pasar Kuda, Uruk Sikuda-kuda, Panorama Tangga Seribu,  Pemandian Alam Lau Ketaren Sibolangit dan Gua  Air Bersih Peninggalan Belanda.

Penilaian dilakukan oleh Tim Ahli Penetapan Desa Wisata Di Kabupaten Deli Serdang, yang berasal dari HPI (Himpunan Pramuwisata Indonesia) Sumatera Utara, Akademisi Politeknik Negeri Pariwisata Medan dan Universitas Negeri Medan. Turut hadir Camat Sibolangit Hesron T Girsang, Kepala Desa Sibolangit Samiranta Ketaren, Staf Balai Besar KSDA Sumatera Utara Samuel Siahaan, SP, Kelompok Sadar Wisata, Sanggar Budaya Tiga Sibolangit, Sanggar Pencak Silat Karo Sibolangit, Lansia dan Petugas Resort CA/TWA Sibolangit.

Berbagai kegiatan digelar dihadapan Tim penilai, seperti  suguhan tarian budaya Selamat Datang, penampilan pencak silat Karo, pertunjukan Senam Lansia Air Bersih Sibolangit, hiburan lagu-lagu rohani Kristen, lagu nasional dan lagu daerah Karo sebagai asset seni lokal Desa Sibolangit. Tak lupa  juga suguhan makanan khas Karo Cimpa  dan air minum nira segar produk Desa Sibolangit.

Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Serta Pariwisata Kabupaten Deli Serdang diwakili oleh Kepala Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Rahmi Khairani Nst, M.Psi mengucapkan terima kasih kepada Balai Besar KSDA Sumatera Utara, Kepala Desa Sibolangit serta  Camat Sibolangit yang bersinergi dan bersama membangun serta mendorong masyarakat  mengembangkan wisata alam, wisata religi maupun wisata budaya. Pihaknya  juga  mensosialisasikan program PAK SATA (PAKet wiSATA), POKDARWIS GO DIGITAL dan BANG JAKA DESA (BANgga belanJA eKonomi kreAtif DEli SerdAng).

Samuel Siahaan, PEH pada Balai Besar KSDA Sumatera Utara sekaligus pendamping Pokdarwis Wisata Alam Sibolangit, memaparkan bahwa TWA Sibolangit yang  memiliki Luas 24, 85 ha. sudah berdiri sejak zaman Belanda tahun 1914, kala itu ditunjuk menjadi Kebun Raya Sibolangit yang merupakan cabang dari Kebun Raya Bogor, dan menjadi ikon Wisata Desa SIbolangit.  TWA Sibolangit sudah melakukan berbagai  kegiatan wisata alam alam untuk mendorong tingkat kunjungan, seperti paket wisata edukasi konservasi alam dan lingkungan bagi kalangan pelajar dan mahasiswa dari Kota Medan sekitarnya,   pengamatan hidupan liar jenis Rangkong Julang Emas, jelajah hutan, kemah konservasi, perayaan pesta rakyat, lokasi pembuatan video dan photografi serta pelaksanaan hari-hari Konservasi Alam dan Lingkungan yang rutin dilaksanakan di TWA Sibolangit.

Sumber : Samuel Siahaan, SP. (PEH) – Balai Besar KSDA Sumatera Utara

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini