Wisuda Kelulusan Junior Park Ranger Balai TN Komodo

Selasa, 20 Desember 2022

Labuan Bajo, 19 Desember 2022. Balai Taman Nasional Komodo melaksanakan perayaan kelulusan program magang Junior Park Ranger bagi siswa-siswi dari SMKN 1 Labuan Bajo dan SMK Sadar Wisata Ruteng. Perayaan yang pertama kali diselenggarakan ini dilaksanakan sebagai bentuk apreasiasi bagi siswa magang yang telah menyelesaikan rangkaian pembelajaran di Balai Taman Nasional Komodo selama 3 – 6 bulan setiap tahunnya.

Urusan Program Anggaran Kerja Sama dan Pelayanan Balai Taman Nasional Komodo melaksanakan perayaan ini pada tanggal 4 Desember 2022 di Gedung Komodo Visitor Center, Labuan Bajo. Urusan Program Anggaran Kerja Sama dan Pelayanan menggagas perayaan ini dengan konsep potluck dimana siswa dan staf Balai Taman Nasional Komodo ditugaskan untuk membawa makanan dan minuman masing-masing untuk dikumpulkan dan disantap bersama. Untuk menambah keceriaan acara, mahasiswa Poltekpar NHI Bandung turut memeriahkan acara dengan mengemas perayaan ini dengan tema “Radar TNK” (Rame-Rame Ngopdar di Taman Nasional Komodo).

Setidaknya 18 siswa siswa magang diwisuda dalam program magang Junior Park Ranger Tahun 2022. Urusan Program Anggaran Kerja Sama dan Pelayanan Balai Taman Nasional Komodo memberikan piagam penghargaan dan surat keterangan selesai magang, serta menyematkan pin Junior Park Ranger yang diberikan secara bergantian kepada para siswa yang lulus. Acara ini dihadiri oleh Muhammad Ikbal Putera (PEH Ahli Pertama), Yunias Jackson Benu (PEH Mahir), Naoma Yunita Banamtuan (Polhut Mahir), Fahri Ikhlas (Penyuluh Kehutanan Ahli Pertama), Banu Widyanarko (Polhut Ahli Pertama), Yovi Septia (Penyuluh Kehutanan Ahli Pertama), dan Petrus Cornellius Paulus Laa (PEH Terampil).

Rangkaian perayaan dimulai dengan siswa-siswi menyampaikan testimoni magang secara bergantian dihadapan staf Balai Taman Nasional Komodo. Acara kemudian dilanjutkan dengan pemberian piagam dan pin, lalu disusul dengan mengadakan berbagai games berhadiah. Setelah prosesi tersebut, acara dilanjutkan dengan karaoke dan santap malam hidangan yang sudah dibawa oleh seluruh siswa dan staf Balai Taman Nasional Komodo. Pada akhir sesi, Muhammad Ikbal Putera memimpin renungan bagi para siswa-siswi untuk memperkuat rasa korsa dan ikatan hubungan dengan Balai Taman Nasional Komodo. Banyak dari siswa magang yang tidak bisa membendung air matanya karena merasa bahagia mampu menyelesaikan masa magang mereka yang penuh tantangan dan haru karena harus berpisah dengan para ranger dan teman yang telah menemani perjalanan hidupnya di Balai Taman Nasional Komodo setiap hari.

Ikbal sangat berharap agar siswa-siswi SMK tersebut dapat melanjutkan pendidikan mereka ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi untuk kemudian bisa kembali memajukan daerah asalnya di masa yang akan datang. Salah satu testimoni dari siswi SMKN 1 Labuan Bajo, Mita Aprilia Dwi Bagri, mengucapkan rasa terima kasih atas segala bimbingan dan ilmu yang dia dapatkan selama magang di Balai Taman Nasional Komodo. Mita juga berharap agar kedepannya kerja sama antara sekolah-sekolah di Labuan Bajo dengan Balai Taman Nasional Komodo dapat terjalin baik kedepannya.

Sumber: Balai Taman Nasional Komodo

Penanggungjawab Berita: Kepala Balai Taman Nasional Komodo - Lukita Awang Nistyantara, S.Hut., M.Si. (+6285215959862)

Penulis Berita: Mahasiswa Manajemen Destinasi Pariwisata Politeknik Pariwisata NHI Bandung - Joy Filip Oktavianus (+62821395201028)

Penyunting Berita: Pengendali Ekosistem Hutan Ahli Pertama - Muhammad Ikbal Putera, S.Hut., M.Sc. (+6281310300678)

Informasi Lebih Lanjut: Call Center Balai Taman Nasional Komodo (+6281138290000)

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini