Lolos Seleksi, Mahasiswa Pariwisata Siap Magang di Balai TN Komodo

Kamis, 08 September 2022

Labuan Bajo, 9 Agustus 2022. Balai Taman Nasional Komodo kembali membuka kesempatan magang dan telah menerima mahasiswa Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung (STPB) atau yang lebih dikenal dengan STP NHI Bandung pada awal Bulan Agustus 2022. Penerimaan magang mahasiswa dari STPB di tahun 2022 ini merupakan bentuk pelaksanaan magang kali kedua dalam dua tahun berturut-turut sejak tahun 2021 silam. Pada tahun 2022, setidakya sebanyak empat orang mahasiswa STPB berhasil lolos seleksi magang di Balai Taman Nasional Komodo untuk menjalani seluruh rangkaiannya selama 5 bulan kedepan dimulai pada tanggal 9 Agustus 2022 hingga 30 Desember 2022. Keempat mahasiswa tersebut, diantaranya tiga orang berasal dari Program Studi (Prodi) Manajemen Destinasi Pariwisata (D-IV) dan satu orang dari Prodi Manajemen Pengaturan Perjalanan (D-IV).

Sebagai rangkaian kegiatan wajib magang di Balai Taman Nasional Komodo, kelompok mahasiswa perlu mempresentasikan rencana kegiatan magang di hadapan seluruh jajaran pimpinan dan staf Balai Taman Nasional Komodo yang diselenggarakan secara daring sebelum mahasiswa tiba di Labuan Bajo. Keempat mahasiswa mempresentasikan rencana kegiatan magangnya pada tanggal 5 Agustus 2022 dengan menitikberatkan pada pemetaan distribusi daya tarik wisata alam di Taman Nasional Komodo, penguasaan praktik pengembangan desa wisata sebagai alternatif destinasi wisata alam Taman Nasional Komodo, optimalisasi media sosial dan website Balai Taman Nasional Komodo, penguasaan materi konservasi kaitannya dengan pengayaan interpretasi dan pemanduan, optimalisasi kualitas pelayanan Naturalist Guide di Taman Nasional Komodo, penguasaan praktik penyusunan travel pattern dan strategic visitor flow seluruh destinasi wisata alam baik yang berada di dalam dan sekitar kawasan Taman Nasional Komodo. Sesi presentasi ini dijadwalkan dan dipandu langsung oleh Staf Urusan Program, Anggaran, Kerja Sama, dan Pelayanan Balai Taman Nasional Komodo.

Balai Taman Nasional Komodo konsisten memberlakukan seluruh rangkaian kegiatan magang dan mewajibkan seluruh mahasiswa yang lolos seleksi untuk mengikuti rangkaian tersebut hingga selesai. Hal ini dilaksanakan dengan maksud untuk menyiapkan wawasan dan mental mahasiswa serta memperjelas arah tujuan pembelajaran mahasiswa sebelum melakukan studi dan pengamatan langsung di Balai Taman Nasional Komodo.

Pada tahun 2021, Balai Taman Nasional Komodo telah menerima dua orang mahasiswa Prodi Studi Destinasi Pariwisata (S-1) dan dua orang mahasiswa Prodi Manajemen Pengaturan Perjalanan (D-IV) STP Bandung. Kedua kelompok mahasiswa tersebut memperoleh nilai ujian magang sangat memuaskan dan menunjukan capaian serta etos kinerja yang profesional dan optimal.

Balai Taman Nasional Komodo berharap agar mahasiswa yang ingin melaksanakan kegiatan magang maupun penelitian menyiapkan dengan baik wawasan pengetahuan dan penguasaan keterampilan khusus sebelum memutuskan untuk mengajukan permohonan magang ke Balai Taman Nasional Komodo. Balai Taman Nasional Komodo berharap kehadiran mahasiswa tidak hanya memberikan manfaat pembelajaran untuk peningkatan kapasitas diri, namun juga memberikan dukungan kerja nyata bagi pengelolaan kawasan Taman Nasional Komodo.

Sumber : Balai Taman Nasional Komodo

Penanggungjawab Berita: Kepala Balai Taman Nasional Komodo - Lukita Awang Nistyantara, S.Hut., M.Si. (+6285215959862)

Penulis Berita: Mahasiswa Prodi Manajemen Destinasi Pariwisata STP Bandung - Andreas Yudha Pratama Pah (+628122144066) dan Mahasiswa Prodi Manajemen Destinasi Pariwisata STP Bandung Joy Filip Oktavianus (+6281395201028)

Penyunting Berita: Pengendali Ekosistem Hutan Ahli Pertama - Muhammad Ikbal Putera, S.Hut., M.Sc. (+6281310300678)

Informasi Lebih Lanjut: Call Center Balai Taman Nasional Komodo (+62811-382-90000)

 

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini